Saat pembuatan anggaran pemerintahan dibuka, alokasi dana desa turut andil memenuhi slot anggaran yang ada. Dana desa menjadi salah satu jajaran dana terbesar yang dikeluarkan pemerintah setiap tahunnya. Setiap tahunnya, alokasi dana desa adalah perbincangan menarik di tengah masyarakat. Berikut adalah fakta tentang alokasi dana desa yang perlu kita cermati:

Alokasi Dana Desa

1. Indikator Penentu Besarnya Biaya

Alokasi dana desa menjadi pertimbangan dalam menentukan besarnya biaya. Maksud biaya disini adalah transaksi yang dibebankan kepada masyarakat terutama dalam bidang pelayanan. Semakin banyak alokasi dana desa yang didapat, biaya yang dibebankan kepada masyarakat dapat ditekankan semakin kecil.

2. Konsep Sederhana Dana Desa

Konsep sederhana dana dapat kita pahami dari sumber dana desa. Sumber dari dana desa adalah Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara. Selanjutnya, akan melalui proses transfer ke Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten/Kota. Konsep dana desa ditambah dengan harus memenuhi 4 prioritas untuk mendukung jalannya roda pemerintahan. Terdapat beberapa tujuan juga dalam pengalokasian dana desa yang ada.

3. Panduan Strategi Desa

Alokasi dana desa menjadi panduan untuk menyusun sebuah strategi. Dengan adanya dana desa, dapat dilihat kebutuhan yang dapat menjadi peluang maupun ancaman perkembangan desa selanjutnya. Untuk itu, ancaman dan peluang yang ada perlu diintegrasikan untuk menjadi strategi yang menjadikan desa semakin maju.

4. Mendukung Penyelenggaraan Administrasi Desa

Dengan adanya pengalokasian dana desa, maka administrasi desa juga berjalan mulus. Penyelenggaraan administrasi desa termasuk mengenai pengelolaan alokasi dana desa itu sendiri. Administrasi bisa diartikan proses pencatatan dari prosedur yang ada. Berbagai informasi dikumpulkan dan di data menjadi satu dalam sistem administrasi.

5. Melaksanakan Pengawasan Di Kawasan Pedesaan

Hal-hal yang berkaitan dengan dana menjadi salah satu cara mengawasi. Apakah pengeluaran yang terjadi sesuai dari yang direncanakan menjadi salah satu aspek pengawasan yang penting. Di kawasan desa sendiri, besarnya dana desa yang keluar sesuai apa yang telah dialokasikan  menjadi salah satu prosedur yang dilaksanakan menurut jadwal yang telah ditentukan pihak pemerintahan.

6. Dasar Pertimbangan Pengajuan Pinjaman

Pengalokasian dana desa dapat menjadi dasar pertimbangan pengajuan pinjaman. Hal tersebut dikarenakan terkadang dana desa kurang sesuai dari harapan sehingga mengharuskan mengajukan pinjaman. Dalam kasus lain, biasanya, terdapat program yang dibangun di luar pengalokasian dana. Oleh karena itu, dana yang dibutuhkan diperoleh dari pinjaman bukan pengalokasian yang telah dilakukan sebelumnya.

7. Gambaran Perkembangan Pembangunan Desa

Seberapa besar pengalokasian dana desa yang dibuat, maka akan terlihat perkembangan pembangunan desa selanjutnya. Gambaran kawasan desa yang ditempati terlihat dari poin-poin penting yang ada di pengalokasian dana. Semakin besar pengalokasian dana, semakin membuka peluang untuk menjadikan pembangunan desa lebih cepat dan efisien.

8. Bahan Peningkatan Pelayanan Masyarakat

Meningkatkan pelayanan masyarakat tentunya membutuhkan biaya yang tidak bisa dibilang sedikit. Untuk itu, pengalokasian dana desa menjadi bahan peningkatan pelayanan. Presentase pengalokasian dana ke dalam aspek pelayanan diusahakan menjadi presentase tertinggi di antara yang lainnya. Pelayanan disini contohnya adalah pelayanan kesehatan dan pendidikan.

9. Legalitas Pengalokasian Dana Desa

Apapun yang terjadi di roda pemerintahan terdapat peraturan yang mendasari untuk melakukannya. Dalam pengalokasian dana desa, legalitas peraturan dituangkan di tahun 2014 yaitu dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri  Nomor 113. Fakta terbaru tentang pengelolaan keuangan desa tersebut yaitu dikaji kembali ke dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 20 Tahun 2018.

10. Asas Pengelolaan Dana Desa

Sehubungan dengan fakta sebelumnya, maka fakta terakhir ini menjelaskan apa yang ada di legalitas peraturan tersebut. Salah satunya tentang asas pengelolaan dana desa sebagai salah satu rincian dalam keuangan desa. Asas yang dimiliki terdiri dari asas transparan, akuntanbel, partisipatis, serta dilakukan dengan tertib dan disiplin anggaran.

Lihatlah video menarik berikut ini :

Fakta tentang alokasi dana desa menjadi wawasan yang penting untuk kita sebagai warga negara Indonesia. Sebagai penikmat dana desa tentunya sudah seharusnya tidak cuek mengenai fakta yang berkaitan dengan hal tersebut. Dengan mengetahui fakta menariknya diharapkan setiap tahun alokasi dana desa bisa semakin bermanfaat untuk memajukan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Salam sukses – CV. Cakrawala Persada