Saat ini alat kontrasepsi semakin beragam bentuk dan fungsinya. Salah satu alat kontrasepsi yang paling familiar di kalangan pasutri saat ini adalah jenis IUD. Mungkin ada yang belum mengetahui apa itu IUD dan bagaimana cara kerjanya dalam menunda kontrasepsi. Artikel ini akan membahas lengkap tentang apa itu IUD , cara kerjanya, juga cara penggunaannya. Berikut penjelasannya :

Apa Itu IUD

Apa Itu IUD ?

IUD adalah semacam alat yang terbuat dari plastik dan berbentuk seperti huruf ‘T’. Ukuran alat ini kira-kira sebesar uang logam.  Alat IUD ini dipakai dengan cara dipasang di dalam rahim untuk mencegah kehamilan. Sebutan lain dari IUD adalah KB spiral.

Ada dua jenis dari alat IUD yaitu IUD  yang dilapisi oleh tembaga dan satunya lagi mengeluarkan hormon progesteron.  Kedua jenis IUD terbukti efektif untuk mencegah kehamilan. Hasil statistiknya membuktikan bahwa hanya 1 dari 100 pasangan pengguna IUD  yang mengalami kehamilan.

Cara Kerja IUD

Kedua jenis alat tersebut tentunya memiliki cara kerja yang berbeda pula. Cara kerja dari IUD yang berlapis tembaga  adalah  menghalangi  masuknya sperma untuk membuahi sel telur. IUD jenis tembaga juga membuat sel telur lebih sulit untuk dibuahi.

Cara kerja dari IUD  progesteron hampir sama dengan yang tembaga.  Hanya saja, alat ini juga menipiskan lapisan rahim dan membuat cairan serviks menjadi lebih kental. Dalam beberapa kasus,  alat IUD progesteron ini dapat menghentikan ovulasi dengan menghalangi sperma bertemu dengan sel telur.

Langkah-Langkah Dalam Pemasangan Alat IUD

Setelah mengetahui apa itu IUD dan cara kerjanya, mungkin banyak pasutri yang berminta untuk menggunakan alat ini. Sebelum memutuskan untuk menggunakan IUD, tentunya pengguna harus mengetahui kira-kira langkah apa saja yang diperlukan. Berikut adalah pembahasan tentang langkah pemasangan IUD :

1. Persiapan

Biasanya tim medis memberikan obat pereda nyeri seperti ibuprofen satu jam sebelum pemasangan  IUD.  Apabila tidak diberikan obat pereda nyeri, tentu proses memasukkan alat IUD akan sangat ngilu dan sakit. Sembari menunggu kapan IUD dapat dipasang, dokter akan menjelaskan prosedur dari pemasangan.

Pengguna dapat bertanya semua hal tentang pemasangan IUD pada dokter, dan dokter akan menjawab secara detail.  Setelah itu, dokter akan melakukan pemeriksaan yang disebut dengan pemeriksaan bimanual. Cara melakukannya adalah memasukkan dua jari ke dalam vagina dan tangan lainnya diletakkan di atas perut. Hal ini dilakukan untuk mengetahui posisi, ukuran, serta pergerakan rahim.

2. Menstabilkan Rahim

Dokter menggunakan alat mirip paruh bebek yang disebut spekulum untuk membuka vagina. Untuk mencegah terjadinya infeksi, vagina dibersihkan dengan cairan antiseptik. Anastesi disuntikkan ke leher rahim agar rasa nyeri berkurang.

Tenaculum (alat penstabil leher rahim) dipasang bersamaan. Dokter juga akan menggunakan alat bernama Uterine sound  untuk mengukur kedalaman rahim. Proses ini cukup menentukan apakah IUD dapat dimasukkan atau tidak. IUD  dapat dimasukkan sampai  kedalaman 6-9 cm. Jadi, bila kedalaman rahim kurang dari 6 cm, maka IUD tidak boleh dipasang.

3. Proses Pemasangan

Setelah uterine sound dikeluarkan, Dokter akan menyiapkan IUD yang dibengkokkan lengannya. IUD  dimasukkan ke vagina dengan inserter khusus yang berbentuk tabung.setelah mencapai kedalaman yang tepat, IUD didorong keluar dari inserter tersebut.

Nantinya, lengan IUD yang bengkok ini akan kembali lagi seperti bentuk huruf T. Alat- alat lain yang ikut dimasukkan dalam vagina (inserter, tenakulum, dan spekulum) juga dikeluarkan dari vagina. Jangan khawatir, proses pemasangan ini tidak sakit dan tidak memakan waktu lama.

Lihatlah video menarik berikut ini :

Itulah dia pembahasan tentang apa itu IUD juga informasi lengkap lainnya. Perlu diketahui bahwa pemasangan IUD ini dapat dilakukan kapan saja saat tidak hamil. IUD juga memiliki masa expired. IUD jenis progesteron diganti setiap 3-5 tahun sekali dan IUD lapis tembaga harus diganti setiap 10 tahun sekali.

HUBUNGI KAMI :

CAKRAWALA PERSADA PERCETAKAN, PRODUSEN & DISTRIBUTOR DAK BKKBN

Alamat : Jl. Cilemahabang Blok Q-3 No. 65 Cikarang Baru – Jababeka Bekasi
Contact : 0852 1380 0036 & 0818 0722 9366
Email : cakrawalapersada76@gmail.com

Salam sukses – CV. Cakrawala Persada