Mungkin masyarakat sudah sering mendengar kata Bkkbn, namun banyak yang belum atau bahkan tidak tertarik mencari tahu mengenai arti kepanjangan Bkkbn itu sendiri. Bkkbn sendiri identik dengan kata keluarga berencana, dimana kata dua anak lebih baik sering disuarakan baik dalam media cetak, elektronik bahkan online. Untuk calon keluarga, bahkan remaja pun sebenarnya tidak ada salahnya mengetahui lebih jelas mengenai Bkkbn sendiri.

Arti Kepanjangan Bkkbn

Sejarah Singkat Dari Bkkbn

Sebelum membahas lebih jauh arti kepanjangan Bkkbn sendiri, haruslah memahami setidaknya sejarah singkat dari Bkkbn. Berikut sejarah singkat dari Bkkbn yang bisa dipahami:

1. Periode Perintisan

Dimulai pada tahun 1950 hingga 1996 dimulailah pembentukan Perkumpulan Keluarga Berencana dengan nama PKBI. Dengan tujuan untuk memperjuangkan terciptanya keluarga sejahtera dengan memberi nasihat perkawinan, mengatur kehamilan dan mengobati kemandulan. Tahun 1967 PKBI diakui Departemen Kehakiman.

2. Periode Pemerintah Terlibat Dalam Program Kb Nasional

Awalnya Presiden Soekarno menandatangani Deklarasi Kependudukan Dunia dimana berisi pentingnya merencanakan jumlah anak dan sebagainya pada tahun 1967. Lalu pada tahun 1968 keluarlah Instruksi Presiden No. 26.

3. Periode Pelita

Periode pelita terjadi dalam IV masa, dimana periode pelita I pada tahun 1968 hingga 1974 dimana mulailah dibentuk Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). Pada periode pelita II pada tahun 1974 hingga 1979 dimana Bkkbn berkedudukan sebagai lembaga pemerintah  non-departemen. Lalu periode pelita III dimulai dari tahun 1979 hingga 1984 dimana mulai dilakukan pendekatan pada masyarakat.

Selanjutnya periode pelita IV pada tahun 1983 hingga 1988 dimana pendekatan pada masyarakat jauh lebih disinkronkan melalui pelaksanaan strategi pembagian wilayah. Lalu periode pelita V pada tahun 1988 hingga 1993 dimana kualitas petugas serta sumberdaya manusia ditingkatkan. Terakhir periode pelita VI pada tahun 1993 hingga 1998 dimana ada pendekatan keluarga  untuk menggalakkan partisipasi masyarakat akan gerakan Kb nasional

4. Periode Pasca Reformasi

Terakhir pada periode pasca reformasi mulai muncul kembali UU serta Keppres yang jauh lebih lengkap untuk mengatur mengenai Bkkbn. Pada pasca ini jugalah arti kepanjangan Bkkbn diganti menjadi Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional yang dikenal hingga saat ini.

Arti Kepanjangan Bkkbn

Sebelum membahas lebih jauh lagi, hal wajib dan dasar yang harus diketahui oleh masyarakat adalah arti kepanjangan Bkkbn itu. Bkkbn sendiri merupakan kepanjangan dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional. Dimana lembaga ini merupakan badan milik pemerintah yang bergerak dalam bidang mengenai keluarga sejahtera serta keluarga berencana. Berikut pengertian lebih lanjut mengenai keluarga sejahtera dan keluarga berencana dalam Bkkbn:

1. Keluarga Sejahtera

Maksud keluarga sejahtera dalam kata Bkkbn adalah dimana keluarga tersebut hasil dari perkawinan sah serta mampu memenuhi kebutuhan baik materil maupun spiritual anggota keluarganya. Dimana Bkkbn akan menjelaskan kriteria seseorang boleh menikah sehingga akan mampu menjadi keluarga yang sejahtera.

Dimana keluarga sejahtera ini akan tercipta jika jumlah anggota keluarga sudah direncanakan dan disesuaikan selain dengan gaji kepala keluarga juga disesuaikan dengan luas wilayah Indonesia. Sehingga tidak akan terjadi perlonjakan penduduk yang akhirnya membuat masyarakat susah mencari pendidikan, pekerjaan dan tempat tinggal.

2. Keluarga Berencana

Berbeda dengan keluarga sejahtera, Bkkbn menjelaskan pula pengertian keluarga berencana. Dimana jika sebuah keluarga telah menerapkan hal untuk menjadi keluarga berencana dengan baik, tentunya akan menjadi keluarga yang sejahtera.

Keluarga berencana disini maksudnya adalah dimana masyarakat sadar akan usia pantas perkawainan, mengandung serta kelahiran. Setelah memenuhi kriteria umur untuk menikah dan memiliki anak, barulah memahami bahwa dua anak akan lebih baik untuk keluarga dan juga untuk Indonesia.

Dimana dengan memahami tentang keluarga berencana akan jauh lebih fokus mendidiknya dan juga menghidupi seluruh anggota keluarga. Dengan memahami semua hal tersebut tentunya akan membantu pemerintah untuk menjadi Indonesia yang tidak hanya padat penduduk, namun juga generasi cerdas. Karena tidak menutup kemungkinan jika tidak direncanakan dengan benar anak cucu sudah tidak kebagian tempat untuk tinggal.

Lihatlah video menarik berikut ini :

Itulah arti kepanjangan Bkkbn beserta sejarah singkatnya. Dimana dapat dilihat dari jejeran 5 abjad (Bkkbn) memiliki arti yang sangatlah luas serta manfaat besar untuk generasi penerus nantinya.

Salam sukses – CV. Cakrawala Persada