Saat ini musim sering tiba-tiba berganti hal ini tentu menyebabkan tubuh lebih mudah terserang penyakit. Selain penyakit, konsentrasi pun menurun sehingga sering terjadi kecelakaan pada saat membawa kendaraan dijalan. Untuk itu banyak masyarakat memilih menggunakan asuransi. Asuransi kesehatan adalah jawaban atas semua permasalahan diatas, kok bisa? Simak ulasan lebih lanjutnya berikut ini.

Asuransi Kesehatan Adalah

Sekilas Tentang Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan adalah asuransi yang menangani masalah kesehatan secara khusus, dimana biaya perawatan akan ditanggung oleh pihak asuransi. Penanggungan biaya kesehatan yang ditanggung bukan hanya karena kecelakaan namun juga karena jatuh sakit. Sehingga saat sakit fikiran hanya akan terfokus pada kesembuhan, bukan lagi biaya perawatan yang mahal.

Asuransi kesehatan sendiri sudah ada yang disediakan oleh pemerintah dengan gratis namun hanya untuk warga yang kurang mampu. Selain itu asuransi kesehatan adalah hal wajib yang akan ditanggung jika bekerja di suatu perusahaan.

Namun jika bukan berasal dari keluarga kurang mampu dan tidak bekerja di suatu perusahaan, apakah tidak berhak memakai asuransi kesehatan? Jawabannya berhak. Saat ini sudah tersedia berbagai jenis asuransi yang menawarkan banyak kelebihan, baik untuk organisasi ataupun atas nama individu.

Untuk biaya asuransi kesehatan sebenarnya tidak akan jauh berbeda satu dengan lainnya, semua berdasarkan jenis mana yang sanggup dibayar. Asuransi kesehatan sendiri selain jenis, juga memiliki beberapa manfaat yang tentunya membuat masyarakat tertarik menggunakannya.

Manfaat Asuransi Kesehatan

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, asuransi kesehatan adalah program yang memiliki banyak manfaat. Sehingga banyak orang yang merasa wajib mengetahui lebih jauh mengenai asuransi kesehatan. Berikut manfaat dari asuransi kesehatan yang wajib diketahui:

1. Mampu Meringankan Beban Fikiran

Tentunya hal utama yang menunjang kesembuhan adalah fikiran, dengan fikiran yang sehat dan tanpa beban tentunya kesehatan akan jauh lebih cepat pulih. Dengan menggunakan asuransi kesehatan mampu meringankan beban fikiran, karena semua biaya perawatan ditanggung pihak asuransi.

2. Pelayanan Kesehatan Terpenuhi

Jika sakit yang diakibatkan oleh suatu penyakit tentunya memerlukan waktu untuk penyembuhannya. Selain itu tentunya semakin parah penyakit akan semakin rumit prosedur penyembuhan serta biayanya. Dengan menggunakan asuransi kesehatan pelayanan kesehatan pasti terpenuhi. Baik itu rawat inap ataupun berobat jalan, semua ditanggung.

3. Jaminan Kesehatan Masa Tua

Seperti yang diketahui, orang tua jauh lebih rentan terkena penyakit. Hal itu tentunya akan membuat diri sendiri yang nantinya pasti akan menjadi tua serta anak cuci khawatir. Dengan menggunakan asuransi kesehatan, jaminan masa tua akan terpenuhi. Untuk pensiunan yang mengandalkan dana pensiun akan sangat terbantu dengan asuransi kesehatan.

4. Akan Ada Santunan

Hal utama lainnya yang menjadi alasan seseorang menggunakan asuransi kesehatan adalah akan adanya santunan. Dimana asuransi kesehatan mencangkup asuransi jiwa baik saat terjadi kecelakaan ataupun suatu penyakit. Sehingga saat kematian ataupun cacat fisik, akan ada santunan dana untuk keluarga, sehingga tidak akan khawatir keluarga terlantar.

Jenis-Jenis Asuransi Kesehatan

Setelah paham mengenai asuransi kesehatan adalah hal yang patut diperhitungkan untuk digunakan sebagai jaminan kesehatan barulah membahas mengenai jenis dari asuransi kesehatan. Ada dua jenis asuransi kesehatan, tentunya kedua jenis tersebut berbeda mulai dari manfaatnya, pembayaran serta kepemilikannya. Berikut jenis-jenis asuransi kesehatan yang bisa jadi referensi:

  • Asuransi kolektif. Jenis asuransi ini bermanfaat bagi karyawan dan juga anggota keluarganya yang telah bekerja pada suatu perusahaan. Namun biasanya perusahaan maju saja yang menggunakan asuransi kesehatan pada karyawannya, padahal asuransi kesehatan adalah hak bagi karyawan. Semua biaya pada asuransi ini ditanggung oleh perusahaan, sehingga karyawan yang bekerja akan merasa aman dan terlindungi.
  • Asuransi perorangan. Berbeda dengan asuransi kolektif, jenis asuransi perorangan hanya diperuntukkan untuk individu saja. Dimana tentunya semua biaya serta fasilitas ditanggung untuk satu orang saja. Sehingga keluarga lain harus mendaftar juga jika ingin menikmati fasilitasnya. Sedangkan untuk biaya akan berbeda-beda tergantung agen dan fasilitas yang dipilih.

Lihatlah video menarik berikut ini :

Itulah hal mengenai asuransi kesehatan adalah hal yang patut diperhitungkan beserta manfaat dan jenisnya. Dimana jika semua hal dipahami dengan baik, akan mampu menjadi referensi untuk memilih perusahaan asuransi yang akan digunakan serta tentunya akan meminimalisir penipuan.

Salam sukses – CV. Cakrawala Persada