Asuransi pendidikan anak adalah hal penting yang harus dilakukan oleh orang tua. Hal tersebut merupakan pilihan yang biasanya membutuhkan pemikiran panjang. Salah memilih asuransi pendidikan untuk anak bisa merugikan diri sendiri. Mari simak ulasan di bawah ini sebagai catatan penting sebelum memilih asuransi pendidikan anak.

Asuransi Pendidikan Anak

1. Memahami Sistem Asuransi

Catatan penting yang pertama adalah perlu dipahami bahwa sistem asuransi dilaksanakan oleh perusahaan asuransi itu sendiri. Bank hanya sebagai penyalur dana asuransi yang ada. Terjun ke sistem asuransi berarti kita sedang melakukan investasi untuk masa depan kita. Asuransi pendidikan anak merupakan salah satu dari sekian banyak investasi.

2. Ketahui Perbedaan Dengan Tabungan Pendidikan

Poin kedua ini kadang dianggap sepele, namun sebenarnya penting untuk menjadi bahan pertimbangan. Biasanya, pelaksana tabungan pendidikan adalah pihak Bank. Hal tersebut membuat tabungan pendidikan memiliki jaminan dari Lembaga Penjamin Simpanan. Keuntungannya dari bunga yang telah ditentukan, yang mana perlindungan di tabungan lebih terbatas karena premi ditanggung oleh bank.

3. Memperdalam Produk Asuransi Secara Detail

Produk asuransi itu bermacam-macam. Hal tersebut tergantung dari perusahaan asuransi yang nantinya dipilih. Ada yang langsung mematok harga tinggi, ada yang mematok harga rendah. Namun, hasil investasinya nantinya juga berbeda.

4. Cari Tahu Biaya Yang Akan Dikeluarkan

Setiap perusahaan tentunya menginginkan keuntungan. Asuransi pendidikan anak yang termasuk perusahaan jasa mengolah keuntungan dari biaya yang nantinya kita berikan. Sebelum menjatuhkan pilihan, disarankan untuk menggali lebih dalam biaya apa saja yang dibebankan kepada kita. Kegunaan biaya tersebut juga perlu diketahui secara rinci.

5. Hitung Kemampuan Keuangan Diri Sendiri

Penting untuk digaris bawahi bahwa memilih asuransi jangan dalam keadaan memaksa. Jika belum ada dana, ada baiknya ditahan terlebih dahulu. Jika memungkinkan untuk mendapatkan pinjaman, langkah tersebut memiliki beban besar ke depannya. Untuk itu, hitung kantong dan sesuaikan dengan produk asuransi yang tersedia.

6. Kenali Perusahaan Asuransi Di Indonesia

Perusahaan asuransi di Indonesia berjajar rapi. Kita dapat mengetahui informasinya dengan mudah menggunakan teknologi yang ada. Sebut saja Prudential dan Manulife. Ditambah lagi ada Sun Life Financial, AJB Bumiputera 1912, dan Allianz. Perusahaan asuransi lainnya masih dapat kita temukan dengan tawaran produk yang tentunya beragam.

7. Memahami Sistem Premi Asuransi

Sistem premi sedikit membuat orang bingung. Banyak kejadian bahwa premi asuransi dibayar melebihi dari perjanjian asuransi yang ditawarkan. Dibayarnya premi juga tergantung perusahaan asuransi tersebut sedang untung atau tidak.

8. Pemberian Uang Pertanggungan Yang Kecil

Poin ini bukan hal kecil, namun sering dikesampingkan oleh beberapa orang. Hanya ingin melakukan investasi dalam bentuk asuransi tanpa memperhatikan timbal balik dari asuransi yang ditawarkan. Biasanya, di asuransi pendidikan anak sendiri, seorang anak bisa mengklaim asuransi jika orang tua sudah tidak ada. Klaim asuransi juga memerlukan waktu yang panjang.

9. Mendapatkan Dua Tawaran Asuransi Sekaligus

Sebelum menjatuhkan pilihan, kita biasanya ditawarkan dua asuransi sekaligus. Hal tersebut kembali kepada hasil hitungan kemampuan keuangan diri sendiri. Pertimbangkan juga resiko ke depannya dan mana yang lebih prioritas. Jangan langsung mengiyakan tanpa mempertimbangkan hal-hal lainnya.

10. Baca Aturan Perjanjian Melakukan Investasi Asuransi

Aturan seringkali terdengar membosankan, namun dari aturan bisa mengambil untung atau malah merugikan diri sendiri. Dalam asuransi sendiri, kita perlu berhati-hati. Baca dengan cermat setiap poinnya. Aturan perjanjian asuransi menjadi hal legal jika terjadi sesuatu. Kita bisa saja menuntut atau malah sebaliknya yaitu dituntut perusahaan asuransi yang telah kita percaya.

Lihatlah video menarik berikut ini :

Ulasan di atas memberikan gambaran apa dan bagaimana asuransi pendidikan anak itu. Pilihlah asuransi pendidikan anak dengan pertimbangan ulasan yang sudah dijelaskan di atas. Tanyakan pada kerabat dekat tentang rekomendasi asuransi pendidikan untuk buah hati kesayangan. Dalam waktu ke depannya kita bisa merasakan manfaat asuransi ini secara maksimal.

Salam sukses – CV. Cakrawala Persada