Perempuan yang sudah berkeluarga terutama yang sedang merencanakan momongan memang sudah sepatutnya mengikuti program KB. Hal ini dimaksudkan untuk memberi jarak kehamilan dan kelahiran yang ideal antara satu anak ke anak berikutnya. Salah satu metode KB yang bisa dilakukan yakni dengan menggunakan pil KB 28 tablet. Bagi yang akan menggunakan pil KB tablet 28 berikut cara menggunakan pil KB tersebut dengan benar :

Cara Menggunakan Pil KB

1. Ketahui Kandungan Pil Terlebih Dahulu

Pertama yang harus dipahami oleh calon pengguna pil KB adalah kandungan yang ada pada pil KB. Pil KB 28 tablet terdiri dengan 21 tablet mengandung hormon dan 7 tablet merupakan tablet kosong. Tablet kosong inilah yang akan menjadi jeda waktu agar pengguna pil KB mengalami haid. Jika sedang menyusui sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter, pil KB apa yang cocok. Namun, jika tidak ada kendala, menggunakan pil KB dapat digunakan kapan saja.

2. Ketahui Dosis dan Efek Samping Penggunaan Pil KB

Selanjutnya yang harus diperhatikan sebelum meminum pil KB adalah dosis dan efek samping dari pil tersebut. Meminum pil KB cukup satu tablet per hari sesuai dengan tulisan hari yang tertera pada bungkus tablet tersebut. Pada awal penggunaan pil KB mungkin akan menimbulkan flek yang terkadang akan dianggap sebagai haid. Jika terjadi demikian maka tidak perlu khawatir, pil KB yang diminum secara benar akan memperbaiki siklus menstruasi.

3. Perhatikan Hari Pertama Menstruasi

Sebelum menggunakan pil KB sebaiknya perhatikan hari atau tanggal pertama menstruasi. Hal ini dimaksudkan agar pengguna pil KB mudah dalam mengingat tanggal periode haid. Pil KB sebaiknya mulai diminum sejak hari 1-5 haid. Jika menggunakan pil KB sebelum masuk masa menstruasi sebaiknya tidak melakukan hubungan suami istri selama 1 minggu pertama. Jika ingin melakukan hubungan suami istri maka harus menggunakan kondom.

4. Minum Pil KB 28 Tablet Secara Terus Menerus

Jika sudah mengetahui hari awal minum pil KB maka harus diminum secara terus menerus setiap hari tanpa jeda. Cara menggunakan pil KB yang satu ini diharapkan dapat memberikan dampak yang efektif dalam pencegahan kehamilan. Pil KB yang diminum secara rutin dapat mencegah kehamilan hingga 99%. Mengingat pil KB hanya terdiri dari 28 tablet maka jika menjelang habis segera beli yang baru dan lanjutkan minum sesuai dengan harinya.

5. Pengulangan Hari dalam Meminum Pil KB dan Perhatikan Jam Minum

Pil KB merupakan salah satu metode pencegahan kehamilan dengan penggunaan yang terus menerus. Maka sebagainya perhatikan jam minum pil setiap harinya maksimal maju mundur 1 jam. Misalkan pada awal penggunaan pil KB diminum pada saat jam 6 sore makan pada hari-hari berikutnya harus diminum pada jam yang sama. Boleh diminum satu jam lebih awal atau satu jam lebih lambat dari jam tersebut.

6. Jika Terlupa Selama Penggunaan Pil KB

Pil KB yang harus diminum setiap hari terkadang membuat penggunanya terlupa karena banyaknya kesibukan atau aktivitas. Dalam hal ini sangat diperlukan cara mengatasinya. Jika terlupa minum pil KB dalam datu hari maka minum langsung 2 tablet. Misalkan lupa meminum pada hari Senin dan terlewat hingga hari Selasa maka minum 2 tablet sekaligus pada hari Selasa. Jika terlupa masih dalam hitungan jam maka segera minum saat ingat.

Lihatlah video menarik berikut ini :

Itulah cara menggunakan pil KB yang berisi 28 tablet. Pil KB merupakan salah satu metode pencegahan kehamilan yang banyak digunakan untuk melancarkan program KB. Dengan penggunaan yang benar, pil KB akan membantu mencegah kehamilan yang cukup efektif.

Salam sukses – CV. Cakrawala Persada