Dua anak cukup adalah program pemerintah yang dibuat bagi seluruh keluarga dan calon pasangan yang akan berkeluarga. Pemerintah membuat sebuah undang-undang atau peraturan yang berlaku untuk mewujudkan sebuah keluarga yang berkualitas dengan dua anak saja.

Dua Anak Cukup

Alasan Adanya Program Dua Anak Cukup

Pemerintah membangun sebuah peraturan melalui BKKBN berupa program dua anak cukup, kemudian BKKBN memberikan sebuah sosialisasi kepada seluruh keluarga atau calon pasangan yang akan menikah untuk memiliki dua anak saja. Lalu, apa alasan pemerintah mengadakan program ini? Ini alasannya:

1. Anak Yang Dilahirkan Akan Berkualitas

Para orang tua maupun calon orang tua harus memperhitungkan kualitas pertumbuhan anak khususnya dalam memberikan asi eksklusif. Orang tua harus memberikan asi secara eksklusif selama kurang lebih 6 bulan sampai 2 tahun. Pemberian asi eksklusif ini dilakukan sampai anak pertama mendapatkan kebutuhan yang cukup.

Asi adalah makanan bergizi yang akan memberikan sel-sel baik bagi tumbuh kembang anak termasuk asupan gizi yang baik bagi otak anak. Dengan memberikan gizi yang baik maka semua orang tua bisa menghasilkan generasi yang berkualitas.

2. Memberikan Jarak Kehamilan Yang Ideal

Program dua anak cukup akan memberikan jarak kehamilan yang ideal kepada para ibu. Perlu diketahui bahwa jarak kehamilan dan kelahiran yang terlalu dekat akan membahayakan nyawa para ibu. Oleh karena itu dengan program ini para orang tua akan dapat menentukan waktu yang pas untuk hamil kembali setelah anak pertama lahir.

3.Anak yang Dilahirkan Akan Memiliki Pendidikan Yang Tinggi

Siapa orang tua yang tidak ingin anak-anaknya menempuh pendidikan yang tinggi? Memiliki pendidikan yang tinggi mampu membuat anak-anak siap untuk menghadapi era globalisasi yang sudah sangat pesat serta modern.

Pendidikan berkualitas harus diberikan kepada seluruh anak untuk mempersiapkan masa depan yang gemilang. Para orang tua akan lebih fokus memberikan pendidikan yang berkualitas kepada dua anak dari pada orang tua yang memiliki banyak anak.

4. Perekonomian Keluarga Akan Lebih Baik

Semakin banyak anak yang dimiliki maka pengeluaran keuangan keluarga juga semakin banyak. Baik biaya sandang, pangan, pendidikan dan kebutuhan lain. Adanya program dua anak cukup ini akan memberikan kelonggaran kepada perekonomian setiap keluarga.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa Indonesia adalah negara berkembang dengan tingkat perekonomian cukup rendah. Pemerintah berusaha menaikkan tingkat perekonomian masyarakat dengan adanya program ini.

5. Membentuk Keluarga Kecil Yang Saling Menyayangi

Salah satu tujuan dari program tersebut adalah membentuk keluarga kecil yang bahagia dan sejahtera. Walaupun hanya dengan dua anak saja bukan berarti tidak dapaat membentuk keluarga yang bahagia. Justru dengan keluarga kecil, para anggota keluarga akan lebih menyayangi satu sama lain.

Tujuan Pemerintah Membuat Program Dua Anak Cukup

Dengan beberapa alasan pemerintah membangun sebuah program dua anak cukup melalui KB. Pemerintah memiliki tujuan berupa menyejahterakan serta mengendalikan pertumbuhan penduduk di Indonesia. Bagi calon keluarga baru program KB akan dapat mencegah kehamilan terutama yang menikah pada usia dini.

Selain menunda kehamilan untuk pasangan muda, program KB sendiri dapat memberikan banyak manfaat untuk para ibu. Manfaat tersebut yaitu menjaga organ kesehatan reproduksi wanita dan mencegah terjadinya kanker rahim.

Lihatlah video menarik berikut ini :

Itulah salah satu program pemerintah yang mampu menyejahterakan seluruh masyarakatnya dengan baik. Selain itu bagi calon orang tua bisa mendapatkan banyak informasi tambahan agar kelak keluarga yang mereka miliki akan berkualitas sesuai dengan yang pemerintah harapkan melalui program ini.

Salam sukses – CV. Cakrawala Persada