Masih ragu untuk pasang KB? Tenang saja, itu sesuatu yang wajar. Selain harus dengan kesepakatan suami, pasti terbayang beberapa dampak jenis KB. Katanya ada KB yang bisa bikin gemuk, jerawatan, hingga siklus mensturasi berantakan. Belum lagi harga yang harus dibayar pun patut diperhitungkan. Cobalah untuk mempertimbangkan KB jenis IUD. Harga KB IUD murah dan dampaknya pun sangat minim terhadap tubuh.

Harga KB IUD Murah

Manfaat Pasang KB IUD

Semua jenis KB memiliki manfaat yang sama, yaitu menunda proses pembuahan sehingga tidak terjadi kehamilan. Memang tidak ada KB yang 100% menjamin hal itu. Tetapi dari jenis KB lainnya, KB IUD dianggap paling efektif. Ada 2 jenis KB IUD, yaitu yang berlapis tembaga dan mengandung hormon. KB IUD yang berlapis tembaga tahan 10 tahun sejak pemasangan. Unsur tembaga akan lepas secara perlahan untuk memperlambat laju sperma.

Sedangkan KB IUD yang mengandung hormon umumnya bekerja 3 – 5 tahun. Begitu terpasang hormon akan menebalkan dinding rahim dan membuatnya lengket. Dengan begitu sperma yang masuk tidak akan bertahan di rahim.

Kisaran Harga KB IUD Yang Murah

Ternyata untuk pasang KB IUD tidak semahal yang dipikirkan.  Di bawah ini beberapa kisaran harga KB IUD murah namun tetap aman untuk dilakukan:

1. Pakai BPJS Gratis

Pemasangan KB IUD dengan fasilitas BPJS gratis. Pasien hanya perlu datang ke fasilitas kesehatan (faskes) tingkat I, seperti puskesmas, klinik, atau bidan. Setelah berkonsultasi dan memilih KB IUD, dilanjutkan dengan proses pemasangan sekitar 15 menit. Kalau pun ada obat yang harus ditebus biasanya penghilang rasa linu.

2. Pemasangan di Puskesmas: Rp 50.000 – Rp 100.000

Seperti yang disebutkan di atas, puskesmas termasuk dalam faskes tingkat I. Namun jika tidak memiliki BPJS masih bisa melakukan pemasangan KB IUD di puskesmas. Harga KB IUD murah di sini sekitar Rp 50.000 – Rp 100.000. Bahkan beberapa puskesmas ada yang memberikan layanan ini secara gratis. Biaya tersebut biasanya diperuntukkan tenaga medis sekaligus administrasi.

3. Di Klinik Harganya Sekitar Rp 300.000

Kalau susah menemukan puskesmas, bisa juga pergi ke klinik. Jumlah klinik lebih banyak dan tersebar sehingga mudah dijangkau. Beberapa klinik yang menyediakan pemasangan KB IUD membutuhkan biaya sekitar Rp 300.000. Harga ini sudah termasuk KB IUD itu sendiri, tenaga medis, serta proses administrasi.

4. Pasang di Bidang Sekitar Rp 500.000

Beberapa bidan biasanya memiliki praktik di rumah pribadinya. Bisa datang langsung ke bidan apabila ingin memasang KB IUD. Harga KB IUD murah juga dilakukan di bidan. Biar pun murah dan dilakukan di tempat pribadi, mereka adalah tenaga medis yang dapat dipercaya. Kurang lebih biaya keseluruhan yang dikenakan sekitar Rp 500.000.

5. Biaya di RS Pemerintah: Rp 300.000 – Rp 500.000

Jika ingin harga KB IUD murah dan dilakukan di rumah sakit, datang lah ke RS pemerintah daerah. Di sini harganya beragam, tergantung lokasi RS tersebut. Semakin lokasinya di kota kecil, maka harganya semakin murah. Hal ini karena diperuntukkan untuk warga kelas menengah ke bawah. Kisaran harga pemasangan KB IUD di RS pemerintah adalah Rp 300.000 – Rp 500.000.

6. Harga di RS Swasta Mulai Dari Rp 800.000

Terakhir RS swasta bisa juga dijadikan alternatif pilihan. Namun berbicara soal harga memang relatif. Harga yang dikenakan di RS swasta mulai dari Rp 800.000. Beberapa menganggap harga tersebut masih murah karena diiringi dengan konsultasi sampai puas. Selain itu, beberapa pasien pun meyakini merek KB IUD yang dipasang berkualitas bagus.

Lihatlah video menarik berikut ini :

Untuk memastikan apakah KB IUD pilihan yang tepat, sebaiknya berkonsultasi dulu dengan bidan atau dokter kandungan. Ceritakan kondisi tubuh saat ini dan harapan untuk hamil berikutnya. Harga KB IUD murah hanyalah salah satu pertimbangan. KB jenis ini memang efektif dan bertahan lama. Namun pastikan tubuh cocok menerima KB IUD dalam jangka waktu lama.

Hubungi Kami

No. Telp : 0852 1380 0036 / 0818 0722 9366
Alamat : Jl. Cilemahabang Blok Q-3 No. 65 Cikarang Baru – Jababeka Bekasi
Email : cakrawalapersada76@gmail.com

Salam sukses – CV. Cakrawala Persada