IUD pada awal diperkenalkan alat kontrasepsi dalam rahim atau disebut juga dengan (AKDR) lebih populer menggunakan istilah spiral. Hal ini berdasarkan pada bentuk dari IUD sendiri yang menyerupai spiral. Namun, untuk saat ini jenis IUD dan gambarnya yang sering digunakan sudah berubah dari awal kemunculan.

Jenis IUD dan Gambarnya

Jenis IUD dan gambarnya yang sekarang  menjadi umum digunakan adalah IUD yang berbentuk coper “T” atau menyerupai huruf T. Berukuran kecil sepanjang barang korek api yang nantinya akan dimasukkan oleh dokter ataupun bidan ke dalam rahim melalui jalan lahir. Berikut macam jenis IUD dan gambarnya yang sering digunakan:

1. IUD Andalan TCU 380 A Safe Load

IUD Andalan TCU 380 A Safe Load

Jenis IUD ini menjadi jenis IUD yang pemasangan mudah dilakukan dan lebih sedikit sentuhan. TCU 380 A safe load dilengkapi dengan alat  memasukkan lengan IUD dalam inserter (alat untuk memasukkan ke dalam rahim). Dimana untuk memasukkan IUD ini ke dalam rahim menggunakan alat yang dinamakan inserter.

Proses pemasangan yang singkat namun perlindungan efektif sampai dengan 10 tahun. Sehingga pemakaian IUD jenis ini menjadi sangat cocok untuk kontrasepsi jangka panjang.

2. IUD Andalan TCU 380 A

IUD Andalan TCU 380 A

Seperti dengan TCU 380 A safe load, IUD yang satu ini juga mampu memberikan perlindungan dalam jangka waktu 10 tahun. IUD menjadi kontrasepsi paling tidak berisiko karena tidak mengandung hormon apapun. Sehingga kesuburan akan dapat segera kembali ketika alat kontrasepsi ini dilepaskan.

Perbedaan mendasar antara 380 A dan 380 A safe load adalah alat yang membantu memasukkan lengan IUD. Dalam jenis TCU 380 A tidak ada alat yang akan mempermudah dalam proses memasukkan lengan. Hal ini tidak akan memberikan dampak apapun untuk pemakaian pengguna KB.

3. IUD Andalan Silverline 380 Ag Dan 200 Ag

IUD Andalan Silverline 380 Ag Dan 200 Ag

Sama halnya dengan jenis IUD yang lain yang dapat dijumpai di klinik atau rumah sakit. Jenis IUD ini menjadi jenis yang eksklusif dibandingkan dengan jenis yang lain. Hal ini dikarenakan kenyamanan yang diberikan kepada pengguna lebih tinggi. Penggunaan perak dalam bahan penyusun IUD membuatnya lebih lentur sehingga pemasangan pun bisa dilakukan dengan sangat mudah.

Disamping itu, benang IUD yang berfungsi sebagai indikator keberadaan IUD dalam rahim dan alat yang memudahkan dalam pengambilan IUD pun lebih lembut. Sehingga IUD jenis sirverline 380 Ag dan 200 Ag sangat nyaman untuk digunakan meskipun memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan jenis yang lain. Ke dua jenis IUD ini mampu memberikan perlindungan selama 3 tahun penggunaan.

4. IUD Sleek Andalan CU 375

IUD Sleek Andalan CU 375

Bentuk rahim perempuan terdiri dari banyak macam yang membuatnya tidak boleh asal langsung dipasang IUD. Oleh karena itu dokter atau bidan akan mengukur panjang rahim terlebih dahulu sebelum dilakukan proses pemasangan. Pengukuran ini dimaksudkan untuk mengetahui posisi serta jenis IUD yang cocok digunakan.

Bagi yang memiliki rahim pendek jenis sleek CU 375 merupakan jenis terbaik untuk dipasang. Ini dikarenakan bentuknya yang pendek hanya sekitar 3 cm. Perlindungan yang diberikan juga panjang yaitu selama 5 th.

5. Postpartus  IUD Andalan 380 A

 Postpartus  IUD Andalan 380 A

Jenis IUD ini adalah diperuntukkan untuk dipasang setelah proses persalinan, dengan perlindungan 10th. Perbendaan dari jenis IUD yang lain adalah inserter yang berukuran lebih panjang. Ini dimaksudkan untuk mengurangi banyak sentuhan terhadap alat reproduksi.

Disamping itu benang IUD berukuran lebih panjang juga untuk memudahkan proses pemotongan saat melakukan kontrol. Sehingga IUD akan benar-benar pas terpasang mengikuti proses pengecilan rahim ke ukuran semula.

Lihatlah video menarik berikut ini :

Itulah jenis IUD dan gambarnya yang umum digunakan saat ini. Penggunaan IUD merupakan alat kontrasepsi jangka panjang yang tidak mempengaruhi apapun. Perlindungan efektif dan tetap memberikan kenyamanan yang tinggi.

Hubungi Kami

No. Telp : 0852 1380 0036 / 0818 0722 9366
Alamat : Jl. Cilemahabang Blok Q-3 No. 65 Cikarang Baru – Jababeka Bekasi
Email : cakrawalapersada76@gmail.com

Salam sukses – CV. Cakrawala Persada