Kasus korupsi di Indonesia berbuntut panjang. Bahkan negara Indonesia menyandang gelar negara salah satu negara terkorup di dunia. Banyak orang yang berdiam diri, ada juga yang berdemo di depan istana. Namun, kali ini, mari bersama buka kembali memori singkat tentang kasus korupsi di Indonesia.

Kasus Korupsi Di Indonesia

1. Kasus Tujuh Yayasan Soeharto

Almarhum Presiden Soeharto adalah orang yang membuat tujuh yayasan yang dimaksud disini. Menjadi memori kasus korupsi di Indonesia yang panjang karena banyak dari kerabat dekatnya yang juga sebagai pelaku. Menjadi Presiden terlama di Indonesia, membuat ada kesempatan untuk membuat aturan yang malah menguntungkan di pihaknya saja.

2. Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP)

Kartu identitas terkena dampak adanya teknologi sehingga saat ini masyarakat diwajibkan memiliki E-KTP yang berlaku seumur hidup. Dalam pembuatannya, beberapa orang melihat peluang untuk melakukan tindakan korupsi. Kasus korupsi di Indonesia satu ini dimulai tahun 2010. Setyo Novanto menjadi pelaku yang sempat viral akibat drama untuk memperlambat penangkapannya.

3. Kurs Rupiah

Keuangan memang terdapat beberapa celah, namun tidak seperti yang dilakukan oleh Edy Tansil satu ini. Dari Bank Bapindo yang masuk ke dalam Golden Key Group, ia berhasil menggelapkan uang hingga satu triliun lebih. Sayangnya, belum ada kejelasan atas kasus ini karena diisukan ia melarikan diri ke China yang menjadi garis keturunannya.

4. Bank Century

Kasus korupsi di Indonesia yang satu ini cukup membuat masyarakat kaget. Di tahun 2009, banyak nama yang terseret dalam kasus ini. Namun, sayangnya, meskipun beberapa nama yang terseret menduduki jabatan yang dapat dibilang cukup tinggi di pemerintahan Republik Indonesia, kasus ini tidak mendapatkan titik terang yang memuaskan di benak masyarakat.

5. Korupsi Massal Kota Malang

Kasus ini mencoreng kota yang telah mendapat penghargaan Adipura beberapa kali ini. Menyeret walikota Malang pada saat itu yaitu Abah Anton. Ditambah lagi 41 dari 45 anggota DPRD Kota Malang yang juga ikut terindikasi korupsi dalam jumlah besar. Kasus ini berkaitan dengan APBD-P kota yang direncanakan pada tahun anggaran 2015.

6. Persetujuan Rancangan Peraturan Daerah Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah (RAPERDA APBD) Provinsi Jambi

Pelakunya adalah Gubernur Jambi sendiri yaitu Zumi Zola. Akhirnya, beliau dinonaktifkan dari jabatan Gubernur. Beliau terbukti melakukan suap kepada DPRD setempat di tahun anggaran 2017 dan 2018. Sempat ingin berkunjung ke luar negeri, namun pihak imigrasi mencegah hal tersebut karena sudah banyak pelaku korupsi yang menghindar dengan cara tersebut.

7. Penerimaan Hadiah Atas Proyek Di Tulungagung

Tulungagung yang berbatasan dengan kota Blitar menjadi kesempatan untuk membuat proyek dalam tata ruang wilayah. Dalam kasus ini, proyeknya masuk dalam spesifikasi peningkatan jalan. Baik Bupati Tulungagung maupun Walikota Blitar terbukti telah menerima hadiah dari pemenang proyek tersebut. Beberapa pihak penting juga terlibat dalam kasus ini dan ikut diseret KPK.

8. Hambalang

Siapa sangka tempat yang akan digunakan untuk menyambut orang dari berbagai negara justru dijadikan ladang korupsi sebagian orang. Sebut saja Anas Urbaningrum, Angelina Sondakh, Nazaruddin, dan Andi Mallarangeng. Keempat orang tersebut merupakan pentolan atau pejabat tinggi di roda pemerintahan kita. Namun, justru membuat negara menjadi malu.

9. Mafia Pajak

Kasus yang dilakukan oleh Gayus Tambunan ini disorot pada tahun 2010 lalu. Malahan ada yang berhasil menciptakan kreativitas dengan membuat lagu yang diberi judul “Andai Aku Gayus Tambunan”. Kehidupan hukuman di penjara yang dimilikinya masih terlihat enak. Ia berhasil lolos untuk melihat pertandingan tenis dengan menyuap aparat penjaga.

10. Bank Indonesia (BI)

Menjadi bank sentral di Indonesia, bank satu ini menjadi salah satu memori kasus korupsi di Indonesia. Terjadi saat pemilihan Gubernur Senior BI yang baru di tahun 2011. Sebelumnya, saat krisis moneter BI sudah menjadi ladang korupsi yang menyangkut tentang bantuan likuiditas BI. Salah satu pelakunya adalah Paul Sutopo Tjokronegoro.

Lihatlah video menarik berikut ini :

Memori singkat yang sudah dijelaskan di atas menjadi beberapa kasus korupsi di Indonesia. Diharapkan memori tersebut dapat membangun diri sendiri untuk menjadi lebih baik lagi. Meningkatkan kesadaran diri sendiri akan korupsi yang kian marak di tengah masyarakat. Sering-sering antisipasi dan saling mengingatkan satu sama lain adalah langkah tepat lainnya.

Salam sukses – CV. Cakrawala Persada