Untuk para ibu-ibu yang sehabis melahirkan, memilih KB yang aman sangat penting untuk dilakukan. Hal ini dilakukan untuk mencegah usia kelahiran anak yang terlalu berdekatan. Jika usia anak yang dilahirkan terlalu berdekatan, dikhawatirkan fokus dalam mengurus anak akan terbagi antara anak yang satu dengan yang lain.

KB Yang Aman

Program KB juga merupakan salah satu program besutan pemerintah. Oleh karena itu para orang tua lebih baik melakukan program KB (Keluarga Berencana), agar tidak terlalu banyak anak. Apalagi untuk yang perekonomiannya rendah program ini sangat membantu. Ada beberapa jenis KB yang aman untuk ibu yang sedang menyusui. Berikut jenis KB yang pas untuk ibu menyusui:

1. IUD

Intra Uterine Device atau disingkat IUD merupakan alat kontrasepsi dalam rahim. Ini merupakan KB yang aman dan efektif bagi ibu menyusui sehingga tidak mempengaruhi kadar air ASI. KB menggunakan IUD terbagi menjadi dua, ada IUD hormonal dan ada juga yang IUD non hormonal. Untuk IUD hormonal merupakan KB yang memiliki kandungan progestin sehingga mampu menghalang sperma masuk ke dalam rahim.

Jangka waktunya cukup panjang mulai dari 3 tahun sampai 5 tahun yang penggunaannya dengan cara disisipkan ke dalam rahim. Sedangkan IUD yang non hormonal merupakan KB jangka panjang yang mempunyai kandungan sejenis tembaga atau plastik dengan bentuk spiral. Mampu menahan gerakan sperma dan membuat sperma gagal untuk membuahi sel telur.

2. Kondom

Salah satu KB yang aman untuk ibu menyusui adalah menggunakan kondom saat sedang berhubungan intim. Kondom digunakan untuk menutup alat kelamin laki-laki agar menampung cairan sel sperma yang keluar. Dengan menggunakan kondom tingkat kehamilan akan berkurang asalkan lebih berhati-hati saat menggunakannya.

Sebab jika kondom bocor maka sel sperma akan masuk ke rahim dan membuahi sel telur. Kondom juga tidak memiliki kandungan hormon yang berbahaya untuk ibu menyusui sehingga sangat aman dan efektif digunakan.

3.  Pil KB

KB yang aman untuk ibu menyusui adalah dengan mengkonsumsi pil KB. Di dalam pil KB  terdapat kandungan progestin atau progesteron yang sangat aman digunakan oleh ibu yang sedang menyusui. Pil KB merupakan alat kontrasepsi untuk mencegah kehamilan dengan cara meminumnya.

Agar pelepasan sel telur dari ovarium melambat sehingga kehamilan lebih mudah dicegah. Tapi penggunaan pil KB bisa mengurangi kadar ASI dan menyebabkan bayi lebih rewel saat awal penggunaan.

4. KB Suntik

Pilihan KB yang aman untuk ibu menyusui adalah dengan menggunakan KB suntik. Penggunaan KB suntik adalah dengan cara menyuntikkannya secara langsung pada tubuh wanita atau ibu yang akan menggunakan KB secara periodik. Dimasukkan kedalam pembuluh darah yang akan diserap tubuh guna menghindari kehamilan.

Bisa memilih yang jangka tiga bulan dan selalu dikonsultasikan selama tidak atau belum ingin hamil lagi. Alat kontrasepsi berupa suntik KB yang umum digunakan adalah DMPA atau Depo Medroksi Progesteron Asetat. Dimana kandungan DMPA nya 150 mg untuk penggunaan 3 bulan.

5. KB Implan

Bentuk dari KB implan sangat kecil dan dimasukkan dibawah kulit lengan kiri atas. KB implan memiliki kandungan levonorgestrel yang dibungkus menggunakan kapsul silastik silicon dan ada kandungan hormon progesteron. Untuk mencegah kehamilan sampai jangka waktu lima tahun. Dengan adanya kandungan hormon progesteron maka ovarium tidak akan melepaskan sel telur yang akan mengakibatkan pembuahan.

Lihatlah video menarik berikut ini :

Itulah 5 jenis KB yang aman untuk ibu menyusui. Dengan melakukan program KB maka akan mengurangi tingkat kelahiran anak yang berlebihan dan dengan jangka waktu yang berdekatan. Setiap KB yang disediakan oleh tenaga medis memiliki beberapa efek samping. Jadi pastikan sebelum menggunakan obat kontrasepsi konsultasikan terlebih dahulu agar tidak salah dalam memilih.

Salam sukses – CV. Cakrawala Persada