Indonesia sebagai negara tentunya memiliki pemimpin yang kita sebut dengan Presiden. Presiden dibantu oleh banyak orang, salah satunya datang dari Kementerian Dalam Negeri. Kementerian Dalam Negeri berkontribusi besar terhadap jalannya roda pemerintahan Republik Indonesia. Mari mengenal Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia lebih dekat lagi dengan ulasan menarik di bawah ini.

Kementerian Dalam Negeri

1. Tjahjo Kumolo Sebagai Menteri

Siapa sangka pria kelahiran Jawa Tengah tahun 1957  ini menjadi kepala dari suatu kementerian. Meniti karir politik dimulai dengan bersama Partai Golongan Karya, kemudian kini Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, beliau pantas untuk kita banggakan. Bergabung dengan Kabinet Kerja Presiden Jokowi, beliau menggantikan Gamawan Fauzi di periode sebelumnya.

2. Visi Misi Kementerian

Kementerian ini memiliki visi mampu menjadi poros jalannya pemerintahan dan politik dalam negeri, meningkatkan pelayanan publik, menegakkan demokrasi, dan menjaga integrasi bangsa. Ada lima misi untuk menunjang visi tersebut. Baik visi dan misi saling berintegrasi untuk menopang jalannya kementerian ini.

3. Tugas Dan Fungsi Kementerian

Poin ini tertuang pada Peraturan Presiden No. 11 Tahun 2015 pasal 2 dan 3. Tugas dan fungsi kementerian ini tentunya sangat berpengaruh besar terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara. Salah satu tugas dan fungsinya adalah pelaksanaan penelitian dan pengembangan di bidang pemerintahan dalam negeri.

4. Produk Hukum Kementerian

Kementerian ini juga memiliki produk hukum dari 8 hukum yang ada. Hukum yang dimaksud adalah mengenai Undang-Undang, Peraturan Presiden Pengganti Undang-Undang, Peraturan Pemerintah, Peraturan Presiden, Instruksi Presiden, Keputusan Presiden, Peraturan Mendagri, dan Instruksi Menteri.  Salah satu produk hukumnya yaitu Keputusan Presiden No.30 Tahun 2018 Tentang Hari Wayang Nasional.

5. Unit Layanan Kementerian

Kementerian Dalam Negeri membuka unit layanan yang berbagai jenis layanan administrasi di setiap Direktorat Jenderal yang dimilikinya. Salah satu jenisnya adalah pemberian rekomendasi penelitian yang datang dari Direktorat Jenderal Politik Dan Pemerintahan Umum. Dengan lama penyelesaian 6 hari kerja, layanan tersebut diolah oleh unit kerja Direktorat Kewaspadaan Nasional.

6. Sejarah Kementerian

Department van Binnenlands Bestuur adalah sebutan untuk Kementerian Dalam Negeri saat zaman Hindia Belanda hingga tahun 1942. Berubah menjadi Naimubu saat Jepang menduduki Indonesia. Istilah kementerian baru digunakan pada tahun 2010. Istilah departemen menjadi istilah awal yang dipakai saat awal kemerdekaan Indonesia sesuai surat edaran No.1/MP/RI/1959 pada 26 Agustus 1959.

7. Arti Lambang Kementerian

Dasar logo yang berwarna biru mengandung arti setia yang mana kementerian diharapkan setia kepada Pancasila. Kapas yang berwarna putih memiliki arti suci. Warna kuning emas yang ada di bulir dan daun padi memiliki arti kejayaan. Kuning emas hijau yang diartikan kemakmuran terlihat dari pita di lambang kementerian.

8. Struktur Organisasi Kementerian

Poin ini sudah diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomer 8 Tahun 2018. Sebelumnya telah diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomer 43 Tahun 2015. Peraturan terbaru menjadi perubahan kedua atas peraturan sebelumnya tentang organisasi dan tata kerja kementerian dalam negeri.

9. Kelompok Kerja Kementerian

Poin ini dikenal dengan Tim Pokja. Terdiri sembilan tim pokja, kementerian dapat berjalan dengan baik sejauh ini. Beberapa di antaranya adalah manajemen perubahan (tim pokja I), penguatan tata laksana (tim pokja V), dan Quick Wins dalam pelayanan publik (tim pokja IX).

10. Komponen Dan Unit Kementerian

Terdapat 11 komponen di dalam kementerian ini. Dimulai dari Sekretariat Jenderal hingga Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Setiap komponen memiliki jumlah unit yang berbeda. Di Sekretariat Jenderal sendiri memiliki 10 unit. Salah satunya adalah biro hukum. Untuk di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia sendiri hanya memiliki 5 unit

Lihatlah video menarik berikut ini :

Nah, kesepuluh poin di atas cukup menarik bukan? Poin di atas menjadi ringkasan singkat untuk mengenal lebih dekat salah satu kementerian di Indonesia. Sudah seharusnya sebagai masyarakat Republik Indonesia yang mencintai bangsa dan negaranya mengenal siapa saja yang membantu berjalannya roda pemerintahan termasuk siapapun di Kementerian Dalam Negeri itu sendiri.

Salam sukses – CV. Cakrawala Persada