Dunia ini tidak terlepas dari segala urusan tentang kemanusiaan di berbagai bidang. Salah satunya yakni di bidang pendidikan. Oleh karena itu, PBB sebagai lembaga internasional yang berperan besar dalam masalah kemanusiaan memiliki sebuah organisasi dalam menangani bidang tersebut. Organisasi ini disebut dengan UNESCO yang menangani masalah pendidikan, sains, serta kebudayaan. Tahukah apa kepanjangan dari UNESCO? Simak informasinya dibawah ini:

Kepanjangan Dari UNESCO

Kepanjangan Dari UNESCO

UNESCO didirikan sejak tanggal 16 November tahun 1945 di London dan memiliki markas di Paris, Prancis. Selain itu, organisasi ini juga beranggotakan 191 negara dengan 50 kantor wilayah yang tersebar di seluruh dunia. Kepanjangan dari UNESCO sendiri yaitu United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization yang ternyata mewakili misi dari dibentuknya organisasi tersebut. Misi dari organisasi tersebut adalah menjalin perdamaian antar bangsa-bangsa melalui pendidikan, ilmu pengetahuan dan kebudayaan.

Berbagai Program Yang Dimiliki UNESCO

Sebagai organisasi yang turut membawa misi perdamaian dunia, UNESCO juga memiliki berbagai program yang dijalankan di berbagai negara anggotanya. Program tersebut tentunya berhubungan dengan permasalahan kemanusiaan yang berkaitan dengan pendidikan dan ilmu pengetahuan lainnya yang bertujuan untuk menjalin perdamaian. Berikut berbagai program yang dimiliki UNESCO terkait perdamaian dunia :

1. Pendidikan

Program utama yang dimiliki UNESCO tentunya di bidang pendidikan yang bertujuan untuk mengatasi masalah pendidikan yang ada di dunia. Salah satunya yakni krisis pendidikan yang berkaitan dengan perkembangan akses pendidikan dan kualitas pembelajaran di  seluruh dunia. UNESCO berperan dalam merepresentasikan tentang bagaimana meningkatkan kualitas pendidikan di dunia agar lebih maju.

2. Ilmu Alam

UNESCO memiliki program yang sangat berkaitan dengan pendidikan yakni ilmu alam. Program ini tidak hanya berkaitan dengan pembelajaran namun juga berbagai hal yang bersangkutan dengan alam. Sebagai salah satu organisasi di bawah PBB, UNESCO juga berperan penting dalam pengelolaan sumber daya alam yang ada di dunia. Selain itu juga berperan dalam berbagai observasi dan pengelolaan cagar alam di berbagai negara.

3. Ilmu Sosial dan Kemanusiaan

Sebagai organisasi yang memiliki tujuan untuk menjalin perdamaian di bidang pendidikan tentunya UNESCO tidak lepas dari program mengenai kemanusiaan. Program ini merupakan program ilmu sosial dan kemanusiaan yang sangat berkaitan erat dalam mempelajari perilaku manusia beserta hak asasinya.

Selain itu, program tersebut juga bertujuan untuk mengatasi masalah kesenjangan sosial di berbagai negara. UNESCO berperan dalam mengembangkan analisis mengenai berbagai permasalahan kemanusiaan di dunia.

4. Budaya

UNESCO juga memiliki peran penting dalam pelestarian berbagai budaya di dunia. Tidak hanya itu, UNESCO juga sebagai organisasi yang mengeluarkan pengakuan tentang  berbagai budaya yang dimiliki oleh berbagai negara. Hal ini dimaksudkan untuk melindungi suatu negara yang memiliki warisan budaya dari leluhurnya agar tidak mudah diklaim oleh negara lain. Oleh karena itu, peran UNESCO sangat penting dalam menjaga warisan budaya yang ada di dunia.

5. Komunikasi dan Informasi

Kebebasan berekspresi juga merupakan hak bagi setiap manusia yang juga merupakan hak dasar yang dimiliki pada sistem PBB. Oleh karena itu, UNESCO sebagai organisasi di bawah PBB mengemban program yang berkaitan dengan kebebasan berekspresi yakni komunikasi dan informasi.

Tak jarang dalam melaksanakan kebebasan berekspresi terjadi berbagai perbedaan dan pertentangan. Dalam hal ini UNESCO berperan dalam mengatur strategi tentang komunikasi dan informasi saat berjalannya kebebasan berekspresi.

Lihatlah video menarik berikut ini :

UNESCO merupakan organisasi yang sangat berpengaruh di dunia. Oleh karena itu, beragam referensi menjelaskan tentang kepanjangan dari UNESCO serta segala yang berkaitan tentang organisasi tersebut sebagai tambahan pengetahuan.

Salam sukses – CV. Cakrawala Persada