Lembaga sertifikasi ISO – Persaingan bisnis global mendorong setiap perusahaan meningkatkan kualitasnya. Guna meyakinkan pasar bahwa produk atau jasa yang dihasilkannya memiliki kredibilitas, ada langkah yang bisa ditempuh yaitu sertifikasi ISO. Sertifikasi ISO adalah sebuah pengakuan terhadap perusahaan atau organisasi yang telah menerapkan standar internasional. Saat ini terdapat banyak lembaga sertifikasi ISO yang dapat membantu perusahaan atau organisasi untuk memiliki pengakuan setaraf internasional tersebut.

Umumnya perusahaan atau organisasi menjalin kerjasama dengan lembaga sertifikasi ISO. Hal ini sangat disarankan karena lembaga tersebut akan membantu sejak awal proses hingga penerimaan sertifikat. Mengingat ada banyak langkah sertifikasi ISO yang harus ditempuh, maka persiapannya cukup memakan waktu. Oleh sebab itu, dengan memanfaatkan jasa lembaga sertifikasi bisa mempermudah proses sertifikasi.

Tips Memilih Lembaga Sertifikasi ISO Untuk Perusahaan

Ada banyak jenis sertifikasi ISO yang bisa dilakukan oleh perusahaan atau organisasi. Cakupan standarisasi ini luas, meliputi kualitas mutu produk, manajemen lingkungan, safety, dan sebagainya. Maka di sini peran utama lembaga sertifikasi adalah sebagai pendamping atau konsultan. Mengingat sertifikasi ISO harus dilakukan oleh profesional, maka jangan salah pilih lembaga sertifikasi ISO. Berikut adalah tips untuk memilih lembaga yang tepat:

  1. Memiliki Sertifikat KAN Yang Masih Berlaku

Sebelum mereka membantu perusahaan untuk sertifikasi, lembaga yang akan diajak bekerjasama harus tersertifikasi terlebih dahulu. Sertifikasi mereka harus diakui oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN). KAN akan memberikan sertifikasi di bidang tertentu, misalnya Sistem Manajemen Mutu. Sebenarnya, selama lembaga sertifikasi sudah bekerjasama dengan International Accreditation Forum (IAF) itu aman.

Namun guna memaksimalkan kualitas layanan, ada baiknya lembaga sertifikasi harus diakui oleh KAN dan IAF. Cek lembaga yang akan diajak bekerja sama pada website KAN. Apakah nama lembaganya terdaftar atau jika. Kalau pun ada periksa sertifikat KAN-nya masih berlaku atau tidak.

  1. Berpengalaman Di Bidangnya

Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa ada banyak cakupan sertifikasi ISO. Masing-masing sertifikasi dibutuhkan keahlian yang berbeda. Maka jangan sembarang memilih lembaga sertifikasi ISO. Tidak semua lembaga mampu mendampingi dalam berbagai sertifikasi. Cek keahlian mereka secara spesifik. Selain itu, lihat pula siapa saja yang pernah menjadi kliennya. Jika klien-kliennya adalah perusahaan ternama, maka kualitasnya tak perlu diragukan lagi.

  1. Tenaga Auditor Profesional

Track record tidak hanya dilihat secara keseluruhan perusahaan saja tapi juga dari sumber dayanya. Lembaga sertifikat yang profesional memiliki tim auditor yang profesional juga. Mereka adalah orang-orang yang ahli dibidangnya, misanya khusus otomotif, pengelolaan lingkungan, dan sebagainya. Orang-orang ini pun bekerja sebagai auditor tetap, bukan seorang freelance. Semakin banyak auditor tetap, maka semakin serius lembaga ini bergerak di bidang sertifikasi ISO.

  1. Prosedur Sertifikasi Transparan

Setelah mengetahui status lembaga dan profesionalitas tenaga ahlinya, perlu dipastikan juga prosedur sertifikasinya. Lembaga sertifikasi yang baik akan menjelaskan secara transparan proses sertifikasi yang akan dilalui. Ini sesuatu yang penting karena perusahaan atau organisasi harus tau data-datanya akan dipergunakan untuk apa. Selain itu, mengetahui alur sertifikasi juga berarti melibatkan langsung peran perusahaan atau organisasi tersebut.

  1. Rincian Tarif Jelas Dan Kompetitif

Masalah tarif tentu saja menjadi pertimbangan manajemen perusahaan atau organisasi. Semakin luas scoop sertifikasi, jumlah tenaga ahli yang dibutuhkan banyak, serta aktivitas survey yang akan dilakukan, maka akan mempengaruhi proses negosiasi. Adapun pertimbangan lainnya saat bernegosiasi tarif adalah biaya sewaktu terjadi surveillance. Ini lebih menghemat dan berpotensi untuk kerjasama jangka panjang juga.

Tips Memilih Lembaga Sertifikasi ISO Untuk Perusahaan Perlu Anda Coba?

Iya tentunya perlu terlebih lagi untuk anda yang memiliki perusahaan besar tentu sangatlahmembutuhkan lembaga sertifikasi ISO untuk mempermudah perusahaan anda menjadi perusahaan yang sukses.

Lihatlah video menarik berikut ini :

Itulah hal-hal yang bisa menjadi pertimbangan dalam memilih lembaga sertifikasi ISO. Namun semuanya dikembalikan kepada karakteristik dan tujuan perusahaan atau organisasi yang akan melakukan sertifikasi ISO. Apabila sertifikasi dibutuhkan untuk pengakuan dunia internasional, maka pilihlah lembaga sertifikasi yang diakui secara internasional. Begitu pun jika hanya untuk syarat mengikuti kegiatan procurement, bisa memilih badan sertifikasi sesuai budget.

Salam sukses – CV. Cakrawala Persada