Macam macam KB yang beredar di Indonesia memang beragam jenisnya. Para ibu dapat memilih jenis KB yang sesuai keinginan. Program KB memang menjadi jalan yang jitu untuk dapat menunda kehamilan. Jika ingin melakukan program KB, ada baiknya para ibu mengenali beberapa macam KB di bawah ini:

Macam Macam KB

KB Kontemporer

Macam macam KB yang paling populer adalah KB kontemporer. KB jenis ini merupakan alat kontrasepsi yang dapat menunda kehamilan secara sementara. Artinya jika alat kontrasepsi KB dilepas maka para ibu dapat hamil kembali. Beberapa alat kontrasepsi KB Kontemporer adalah sebagai berikut:

1. Pil KB

KB jenis ini adalah yang paling sering dipilih para ibu saat ini. Penggunaannya yang mudah dan praktis, serta tidak memiliki banyak efek samping membuat pil KB sangat laris di pasaran. Pil KB memiliki 2 jenis yang harus para ibu ketahui, yaitu pil KB yang hanya mengandung progresteron dan pil KB kombinasi.

Tingkat kegagalan pil KB sangat kecil yaitu hanya berkisar 8%, oleh karena itu cara ini sangat ampuh untuk menunda kehamilan. Pil KB juga dapat melancarkan datang bulan sehingga akan baik untuk tubuh. Selain itu pil KB juga banyak tersedia dengan harga yang ekonomis.

2. Suntik KB

Berbeda dengan pil KB yang harus rutin diminum sesuai jadwal, suntik KB jauh lebih praktis. Hanya memerlukan satu kali suntikan saja, KB jenis ini sangat ampuh dalam mengontrol kehamilan. Selama penggunaan suntik KB, para ibu tidak akan mengalami menstruasi.

3. IUD/ Spiral

Alat kontrasepsi IUD/ spiral merupakan sebuah alat penunda kehamilan dengan bentuk huruf T yang nantinya akan dimasukkan ke dalam rahim. Alat ini terbuat dari plastik yang sangat lentur, sehingga sangat aman untuk tubuh. Namun, pemasangan KB ini memang memerlukan keberanian serta harus dilakukan oleh dokter yang ahli.

4. Implan/ Susuk

Macam macam KB yang dapat ibu pilih selanjutnya adalah implan atau yang lebih dikenal dengan susuk. Alat kontrasepsi yang satu ini akan dimasukkan ke dalam lengan bagian atas. Para ibu tidak boleh memiliki aktivitas yang melibatkan lengan terlalu banyak ketika menggunakan KB ini, agar alat tersebut tetap terjaga dengan baik.

KB Permanen

KB permanen ditujukan untuk pasangan suami istri yang benar-benar tidak ingin menambah momongan lagi. Kebanyakan dari KB permanen memerlukan perlakuan medis oleh ahlinya. Nah, apa saja macam macam KB permanen? Begini penjelasannya:

1. Vasektomi/ MOW

Jenis KB permanen yang satu ini ditujukan untuk pria. Para pria nantinya harus menjalani beberapa prosedur medis untuk melakukan KB permanen ini. Prosedur medis tersebut yaitu berupa penutupan pada saluran vas deferens pria.

2. Tubektomi/ MOP

Kebalikan dari Vasektomi, KB permanen tubektomi/ MOP ditujukan untuk wanita. KB permanen ini juga harus melalui serangkaian tindakan medis berupa operasi. Operasi tersebut dilakukan untuk memotong dan mengikat saluran tuba falopi yang dimiliki wanita.

3. Implan Tuba

KB permanen implan tuba adalah sebuah proses pemasangan implan dibagian tuba falopi wanita. Implan ini terbuat dari silikon yang sudah terjamin keamanannya. Walaupun KB implan tuba cukup mahal, namun cara ini cukup banyak diminati para ibu yang tidak ingin hamil lagi.

Lihatlah video menarik berikut ini :

Macam macam KB, baik yang kontemporer maupun permanen dapat dipilih untuk menunda kehamilan. Berbagai pilihan KB tersebut jelas memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Oleh karena itu pilihlah KB dengan tepat melalui petunjuk yang disarankan oleh para ahli medis. Jangan sampai memilih jenis KB yang sembarangan ya!

Salam sukses – CV. Cakrawala Persada