Keluarga berencana merupakan salah satu program pemerintah yang seringkali menimbulkan masalah. Diantara banyak masalah rumit yang harus diselesaikan dengan penelitian bertahun-tahun sebenarnya banyak juga masalah untuk dipecahkan melalui makalah keluarga berencana. Berikut adalah beberapa tema dan masalah yang bisa disusun sebagai makalah dengan metode kuantitatif dan kualitatif.

Makalah Keluarga Berencana

Kuantitatif

Metode kuantitatif adalah salah satu cara untuk melakukan penelitian dengan beberapa perhitungan di akhir pembuktiannya. Jadi data yang didapatkan dari penelitian ini kemudian dihitung menggunakan statistika untuk menghasilkan kesimpulan. Berikut adalah beberapa tema atau masalah yang bisa diangkat untuk makalah keluarga berencana dengan metode kuantitatif.

1. Perbandingan Jumlah Pasien KB Suntik dan Pil di Sebuah Puskesmas

Beberapa jenis alat kontrasepsi yang disediakan oleh bidan di puskesmas bisa menjadi kunci kajian makalah. Masalah perbandingan pilihan pasien ini bisa digunakan sebagai acuan pemerintah mengenai banyaknya alat kontrasepsi yang harus disediakan di suatu puskesmas.

Misalnya KB suntik dan pil. Ini merupakan alat kontrasepsi yang rutin dilakukan per bulan. Maka pihak puskesmas harus benar-benar mengetahui berapa jumlah pasien. Agar saat pasien datang untuk membeli pil atau melakukan suntik, alat kontrasepsi tidak kurang.

Keterlambatan suntik atau minum obat bisa berakibat fatal. Mulai dari program KB gagal, hingga ketidakpercayaan masyarakat pada pemerintah.

Ini penting sebab program keluarga berencana muncul dari pemerintah. Sehingga masyarakat berharap pemerintah mampu menyuplai kebutuhan KB jenis apapun dengan harga terjangkau saat pasien membutuhkan.

2. Keefektifan Penyuluhan Keluarga Berencana Terhadap Kesadaran Masyarakat

Masalah kedua yang bisa diangkat adalah mengenai penyuluhan keluarga berencana. Beberapa puskesmas dan anggota BKKBN aktif melakukan penyuluhan dengan berbagai bentuk.

Mulai dari mengumpulkan masyarakat di satu tempat, hingga iklam di televisi. Banyaknya penyuluhan ini harus dikaji lebih lanjut.

Mana model penyuluhan yang paling efektif, dan bagaimana dampaknya pada masyarakat. Instrumen penelitian yang dapat digunakan misalnya dengan survey kepada masyarakat, wawancara atau dengan menilai respon peserta penyuluhan.

3. Survey Terhadap Pasien Mengenai Pemilihan Alat Kontrasepsi

Alat kontrasepsi yang beragam menimbulkan kebingungan pada masyarakat. Beberapa tidak mau menggunakan sama sekali, beberapa yang lain mau memakai tapi tidak disiplin.

Melalui survey kepada masyarakat, pemerintah bisa membuat formula untuk mengembangkan alat kontrasepsi yang lebih efektif dan efisien. Survey ini bisa menggunakan skala likert untuk menunjukkan tingkat kesukaan seseorang terhadap karakteristik KB tertentu.

Kualitatif

Berbeda dengan penelitian kuantitatif yang mengharuskan pengolahan data dengan statistika, data kualitatif diolah dengan triangulasi. Jadi beberapa metode digabungkan untuk mengetahui kebenaran simpulan yang akan diambil. Berikut adalah beberapa masalah yang bisa diangkat.

1. Kajian Literatur Mengenai Dampak Kontrasepsi Terhadap Hormon

Hormon adalah salah satu bagian tubuh yang terdampak langsung oleh beberapa alat kontrasepsi. Mengangkat masalah ini cenderung mudah untuk membuat makalah keluarga berencana.

Sebab sumber literatur sangat banyak. Bisa didapatkan dari skripsi, buku pegangan, hingga jurnal baik nasional maupun internasional.

Kajian literatur tak kalah penting dengan penelitian. Sebab kajian ini merangkum berbagai hasil penelitian yang sudah dilakukan sehingga pembaca bisa mendapat banyak informasi dari membaca satu makalah saja.

2. Dampak Penggunaan Kontrasepsi Pada Kehidupan Keluarga

Data untuk penelitian semacam ini bisa dilakukan dengan wawancara kepada pasien. Berikan pertanyaan yang detail sehingga beberapa dampak langsung dalam jangka waktu dekat maupun jauh bisa dikumpulkan.

Penelitian ini berguna bagi para pembaca yang sedang mempertimbangkan jenis KB yang akan dipilih. Seringkali mereka bimbang karena lebih banyak mendenhar mitos dan opini tak berdasar.

Lihatlah video menarik berikut ini :

Melalui penelitian mengenai KB diharapkan pembaca bisa mendapat informasi yang valid. Jadi masyarakat Indonesia tidak ragu untuk menggunakan alat kontrasepsi. Makalah keluarga berencana bukan hanya disusun untuk memenuhi tugas kuliah atau sekolah. Namun bisa difungsikan sebagai sumber belajar masyarakat.

Hubungi Kami 

Alamat : Jl. Cilemahabang Blok Q-3 No. 65 Cikarang Baru – Jababeka Bekasi
Contact : 0852 1380 0036 & 0818 0722 9366
Email : cakrawalapersada76@gmail.com

Salam sukses – CV. Cakrawala Persada