Keberhasilan Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga atau biasa disingkat PPKBD hingga materi Pembinaan PPKBD berisikan tentang  peningkatan pemahaman kepada masyarakat terhadap arti keluarga, program ini ditandai dengan penurunan maupun peningkatan laju pertumbuhan penduduk.

Materi Pembinaan PPKBD

Dimana setiap penduduk memiliki kesempatan untuk ikut berperan dalam pengelolaan materi pembinaan PPKBD serta masalah tentang kependudukan dan pembangunan keluarga.

Hal Apa Sajakah Terkait Dengan Materi Pembinaan PPKBD?

Pembahasan kali ini lebih ke secara umum jadi akan ada banyak topik yang dibicarakan terkait dengan materi pembinaan PPKBD seperti halnya peran sekaligus fungsinya, struktur organisasi, penyuluhan, honor atau gaji, administrasi, dan juga bagaimana peran pemerintah mengelolanya. Setiap bulan akan dilakukan evaluasi entah itu terkait dengan kadernya, ataupun program-program yang telah berjalan. Berikut akan dipaparkan apa saja yang akan dibahas terkait materi pembinaan PPKBD.

1. Struktur Program PPKBD

Suatu program tidak akan berjalan lancar tanpa adanya struktur kepengurusan, keduanya menjadi elemen penting untuk mencapai tujuan yang diinginkan bersama.

Jika hanya mengandalkan teori tentang struktur kepengurusan PPKBD tidak akan menemukan pemahaman secara detail, maka dari itu akan dipaparkan contohnya secara struktural.

Pelindung  atau Penanggung Jawab            Kepala Desa

Pembina                                                             1)  PKB  2) Puskesmas 3) TP PKK

Ketua                                                                   Dian Rosita

Sekretaris                                                           Nurul Khalifah

Bendahara                                                          Pitulastri

Anggota                                                               1)  Nana  2) Aris

2. Honor Kader PPKBD

Kenaikan honor kader KB tidak dapat dirasakan semua kalangan masyarakat, tergantung bagaimana pemerintah memberikan kebijakan. Di Kecamatan Gowa baru-baru ini Bupati mengeluarkan keputusan kenaikan honor bagi kader KB menjadi Rp. 250.000 yang tadinya hanya Rp. 200.000.

Salah satu penduduk Kecamatan Gowa mengemukakan ada sekitar 167 tenaga kerja PPKBD, dan untuk Sub PPKBD 167 tenaga kerja jadi totalnya ada 334 tenaga kerja. Dana ini bersumber dari DAK dan selebihnya dari APBD. Inilah betapa penting materi pembinaan PPKBD disampaikan kepada masyarakat, agar tidak adanya kesenjangan sosial maupun ekonomi.

Meski kenaikan honor kader masih dikatakan standar, kepedulian pemerintah perlu di apresiasi. Ini membuktikan masih ada rasa tanggung jawab terhadap kesejahteraan masyarakat.

3. Peran PPKBD

Peran PPKBD merupakan seorang kader yang secara organisasi memiliki tempat atau wadah untuk aktif mengelola program KB di Desa maupun tingkat Rw.

Apa saja peran kader KB? Diantaranya yakni, yang pertama mengajak masyarakat agar mau menjadi peserta KB. Dalam hal ini biarkan semua terjadi secara natural artinya tidak ada pemaksaan harus ikut KB. Setelah terjalin kekeluargaan diantara kader KB dengan peserta, maka diharapkan peserta mampu bersikap mandiri.

Ketika peserta telah mendapatkan pengetahuannya, maka diwajibkan memberikan wawasannya kepada masyarakat lain. Seperti pengetahuan tentang mewujudkan keluarga bahagia lahir batin.

4. Penyuluhan dan Konseling

Banyak kasus yang menimpa dalam suatu keluarga, diantaranya masalah perceraian yang hingga saat ini menjadi momok terbesar di Indonesia. Dampak dari perceraian itu sendiri bukan hanya keretakan keluarga tersebut melainkan dapat mengganggu psikis anak.

Lalu bagaimana materi pembinaan PPKBD memberikan solusi dari masalah tersebut? Hal terpenting yaitu tanamkan rasa memiliki satu sama lain, ini bertujuan agar bisa saling mengisi kekurangan masing-masing. Selanjutnya berikan pemahaman arti pentingnya keluarga harmonis dan tentunya romantis.

Karena mempunyai keluarga yang hangat adalah dambaan setiap orang, akar permasalahan terletak pada individu masing-masing. solusinya pun ada pada niat itu sendiri.

5. Pencatatan Pendataan

Pencatatan merupakan kegiatan mencatat maupun mengelola yang berkaitan dengan kegiatan KB. Berbeda lagi dengan  pendataan dimana kegiatan ini berusaha mencari data lalu dikumpulkan menjadi data akurat sesuai fakta.

Kegiatan ini sangat penting dalam sebuah rangkaian program dan materi pembinaan PPKBD, dan Keluarga Berencana. Perlu digaris bawahi dari hasil kegiatan pencatatan dan pendataan menjadikan acuan atau dasar atas pelaksanaan program PPKBD.

Lihatlah video menarik berikut ini :

Jika diartikan secara khusus, fungsi pendataan ini sebagai wadah atau tempat dalam menyampaikan materi pembinaan PPKBD sekaligus pembentukan program PPKBD yang akan di tetapkan, dan yang terpenting menjadi motivasi dalam pencegahan kasus perceraian.

Salam sukses – CV. Cakrawala Persada 

Produsen & Distributor Produk DAK BKKBN

Jl. Cilemahabang Blok Q3 no.65 Cikarang Pusat – Bekasi