Materi penyuluhan KB belum banyak menyebar luas di masyarakat. Hal-hal dasar mengenai pentingnya KB dan manfaat KB masih menjadi angin lalu. Padahal mengetahui segala informasi mengenai KB sangat penting untuk para orang tua.

Materi Penyuluhan KB

Dengan mengikuti program KB para orang tua telah ikut membantu program pemerintah untuk menekan laju pertumbuhan. Maka, di bawah ini akan diberikan mengenai dasar-dasar materi penyuluhan KB yang harus diketahui.

Pengertian KB

Materi penyuluhan KB paling dasar yang harus ketahui oleh masyarakat adalah tentang pengertian KB itu sendiri. Tanpa mengetahui pengertiannya maka masyarakat tidak akan mempunyai gambaran yang jelas mengenai program ini.

KB atau Keluarga Berencana adalah sebuah program membatasi jumlah anak dengan merencanakan kehamilan, agar kelahiran anak dapat terkontrol dengan baik. Program KB sendiri mempunyai slogan yang sangat terkenal yaitu “Dua Anak Lebih Baik”.

Tujuan KB

Program KB mempunyai tujuan yaitu menciptakan keluarga kecil yang bahagia dan sejahtera dengan program kehamilan yang terencana. Melalui kehamilan yang terencana kesehatan ibu dan bayi juga akan terjaga dengan baik, sehingga dapat menurunkan kematian ibu dan bayi akibat dari kehamilan yang tidak sehat.

Selain itu tujuan KB juga untuk menekan laju pertumbuhan penduduk di Indonesia. Melalui perencanaan kehamilan kelahiran anak juga akan terencana. Sehingga tidak ada jarak kelahiran yang terlalu singkat.

Manfaat Pentingnya KB

Materi penyuluhan KB yang tidak kalah penting yaitu manfaat KB itu sendiri. Masyarakat harus paham betul mengenai manfaat yang akan di dapatkan jika mengikuti program ini. Jelas KB membawa banyak keuntungan. Lalu apa saja manfaat KB? Berikut diantaranya:

1. Mengontrol Kesuburan Wanita

Melalui program KB para ibu akan dapat mengontrol kesuburannya melalui alat kontrasepsi yang dipilih. Para ibu akan dapat menentukan waktu yang tepat untuk hamil dan memiliki anak begitu juga sebaliknya.

2. Menjaga Kesehatan Wanita

Program KB dapat menjaga kesehatan non reproduksi wanita. KB akan dapat menurunkan resiko terserangnya kanker ovarium dan endometrium. Selain itu dengan program kehamilan yang terencana para ibu akan terhindar jarak kelahiran yang terlalu dekat. Para ibu juga akan lebih memperhatikan gizi saat hamil, sehingga janin akan lebih sehat.

3. Mengurangi Resiko Kematian Bayi

Program KB akan dapat mengurangi resiko kematian bayi akibat kehamilan yang tidak sehat. Biasanya kondisi hamil yang tidak sehat akan mempengaruhi tumbuh kembang janin menjadi lahir prematur. Namun melalui program KB para ibu sudah dapat menentukan waktu yang tepat kapan akan memutuskan untuk hamil.

Program KB juga akan dapat mencegah kehamilan yang tidak diinginkan. Biasanya kehamilan yang tidak diinginkan akan cenderung menaikkan tingkat aborsi. Namun dengan program ini para ibu akan lebih siap untuk hamil.

4. Menjaga Tumbuh Kembang Bayi

Materi penyuluhan KB yang terakhir dan tidak kalah penting adalah program KB akan dapat menjaga tumbuh kembang bayi. Para ibu akan lebih terfokus pada kondisi kehamilannya. Selain itu ibu juga dapat memberikan ASI eksklusif kepada anaknya dengan baik.

Bayangkan saja jika kehamilan tidak terprogam, maka jarak kehamilan dapat terjadi dengan cepat. Akibatnya sang ibu tidak akan memberikan ASI secara eksklusif dengan baik. Ibu juga tidak dapat memenuhi kebutuhan nutrisi sang janin di kandungannya. Akibatnya tumbuh kembang anak juga akan terganggu.

Lihatlah video menarik berikut ini :

Mempelajari dasar-dasar materi penyuluhan KB sebenarnya sangat baik, demi terciptanya sebuah keluarga kecil yang sejahtera. Para ibu juga akan menjalani kehamilan yang sehat karena sudah mempersiapkan kehamilan dengan baik.

Salam sukses – CV. Cakrawala Persada