Secara umum advokasi merupakan sebuah tindakan yang menjurus pada pembelaan, dukungan maupun bentuk rekomendasi yaitu berupa dukungan aktif. Dalam hal ini advokasi bisa menjadi suatu upaya maupun proses yang bertujuan untuk mendapat komitmen yang dilakukan secara persuasif dengan mengandalkan keakuratan dan ketepatan informasi. Berikut ini penjelasan singkat mengenai pengertian dari advokasi menurut para ahli dan jenis advokasi itu sendiri:

Pengertian Dari advokasi

Pengertian Advokasi Menurut Para Ahli

Meskipun secara umum sudah disebutkan di atas, namun beberapa ahli juga memaparkan pendapatnya mengenai advokasi. Berikut ini beberapa pengertian dari advokasi menurut beberapa ahli yang masing-masing memiliki ciri khasnya sendiri. 5 ahli tersebut diantaranya:

1. Pengertian Advokasi Menurut Julie Stirling

Pengertian dari advokasi menurut Julie Stirling adalah serangkaian tindakan yang dilakukan secara bertahap atau berproses. Hal ini bertujuan untuk mempengaruhi orang lain dengan maksud mengubah kebijakan publik. Tindakan yang dilakukan tersebut sudah terorganisir maupun terarah sehingga lebih mudah tercapai.

Untuk mencapai hal itu, maka seseorang membutuhkan seorang advokat yang paham akan suatu kebijakan dan hukum di dalam suatu negara untuk membantu menegakkan keadilan.

2. Pengertian Advokasi Menurut Sheila Espine-Villaluz

Selain Julie Stirling, pengertian dari advokasi juga dipaparkan oleh Sheila Espine-Villaluz yaitu suatu aksi yang strategis dan terpadu untuk memasukkan suatu masalah ke dalam agenda kebijakan dan kemudian diselesaikan. Dari hal tersebut kemudian akan membangun basis dukungan kebijakan publik untuk menyelesaikan masalah tersebut. Menurut Sheila, aksi ini bisa dilakukan oleh perorangan maupun kelompok.

3. Pengertian Advokasi Menurut Zastrow

Menurut Zastrow pengertian dari advokasi adalah aktivitas yang berusaha untuk memberikan pertolongan kepada klien atau partner kerja agar bisa mencapai layanan yang sebelumnya telah ditolak. Selain itu advokasi juga bisa memberikan ekspansi terhadap layanan yang dimaksud agar semakin banyak lagi orang yang bisa terwadahi.

4. Pengertian Advokasi Menurut Kaminski Dan Walmsley

Kaminski dan Walmsley berpendapat bahwa advokasi adalah suatu pekerjaan yang mampu memberikan petunjuk atas keunggulan dari pekerjaan sosial jika dibandingkan dengan pekerjaan lain. Dalam hal ini seorang advokat dinilai seorang advokat lebih unggul dibanding dengan profesi yang lain. Advokasi juga didefinisikan sebagai aksi yang dilakukan oleh perorangan maupun kelompok yang berfungsi untuk mengubah kebijakan.

5. Pengertian Advokasi Menurut Scheneider

Scheneider mengatakan bahwa pengertian dari advokasi hampir sama dengan pengertian menurut para ahli yang sebelumnya. Namun pengertian dari advokasi tidak akan lengkap jika kriteria kejelasan, dapat diukur, dapat dibatasi, tindakan terarah dan fokus terhadap suatu kegiatan tidak tercapai. Untuk itulah tindakan advokasi harus bisa mencapai semua kriteria yang sudah disebutkan tersebut.

Jenis-Jenis Advokasi

Setelah mengetahui pengertian advokasi menurut beberapa ahli, advokasi juga dibedakan menjadi beberapa jenis. Berikut ini uraian singkat mengenai jenis-jenis advokasi, antara lain:

  • Advokasi diri, adalah advokasi yang dilakukan pada skala yang lokal bahkan sangat pribadi. Jadi orang lain belum tentu tahu.
  • Advokasi kasus, adalah advokasi yang dilakukan untuk mendampingi perorangan atau kelompok yang belum bisa membela sendiri.
  • Advokasi kelas, adalah proses yang dilakukan untuk mendesak kebijakan publik dengan tujuan akhir yaitu terwujudnya perubahan sistematis. Dengan advokasi ini diharapkan mampu menciptakan kebijakan baru untuk menggantikan kebijakan yang tidak adil.

Lihatlah video menarik berikut ini :

Nah itulah penjelasan singkat mengenai pengertian dari advokasi dan jenis-jenisnya. Suatu kebijakan baru tentu sangat dibutuhkan untuk memperbaiki hukum maupun ketetapan yang tidak sesuai. Untuk itulah salah satu caranya yaitu dengan menjaga keadilan bagi setiap individu maupun kelompok.

Salam sukses – CV. Cakrawala Persada