Pengertian dari kader Posyandu Kesehatan adalah seseorang yang dibina, dibimbing secara sukarela dan dipilih oleh suatu lembaga dengan tujuan membantu masyarakat agar terciptanya kesejahteraan yang merata. Pengertian dari kader biasanya erat kaitannya dengan hal-hal yang berbau partai politik, padahal jika ditelaah kembali memiliki cakupan yang sangat luas.

Pengertian Dari Kader

Contohnya saja kader kemasyarakatan yang memiliki tujuan mensejahterakan warga sekitar dengan cara melakukan sosialisasi bagaimana mencegah penyakit demam berdarah, ada juga kader kesehatan melakukan penyuluhan kepada ibu cara memberikan ASI yang benar. Berikut akan dipaparkan beberapa hal yang kaitannya dengan kader posyandu kesehatan.

1. Peran Kader Posyandu

Posyandu adalah suatu bentuk usaha dalam bidang kesehatan yang memberikan pelayanan kepada masyarakat demi terwujudnya kesejahteraan bagi sesama. Angka kematian pada ibu dan balita menjadi alasan utama pentingnya sebuah kaderisasi posyandu.

Agar tujuan tersebut dapat diwujudkan, maka bentuk suatu pelatihan kader sangat diperlukan. Setiap kader tentunya diwajibkan mampu mengelola Posyandu dengan baik, dan mempunyai ketrampilan tinggi karena dengan hal itu setiap kader paham betul kebutuhan setiap masyarakat.

Disinilah dukungan dari pemerintah sangat diperlukan, ketika kader telah dibentuk tinggal dari pemerintah yang memfasilitasi setiap sarana prasarana, tentunya dalam urusan pembiayaan.

3. Gaji Kader Posyandu

Hal yang sangat senisitif untuk dibahas yaitu masalah pendapatan gaji yang diterima setiap kader Posyandu jauh dari kata layak. Pekerjaan ini rupanya masih dianggap sepele oleh masyarakat maupun pemerintah.

Sementara ini gaji yang diperoleh sebesar Rp. 30.000 per bulan, jauh dari kata standar upah minimum.  Jika kita pikir kembali pekerjaan yang membutuhkan ekstra kesabaran ini, dimana setiap kader Posyandu dituntut untuk merawat balita, lansia, bahkan orang gila.

Kader Posyandu salah satu pilar majunya keberhasilan dalam pembangunan bangsa. Hati dan pikiran rela dikuras demi masyarakat yang sejahtera, tetapi kenyataannya para kader Posyandulah yang jarang diperhatikan kesejahteraannya. Apakah ini adil?

3. Tugas Kader Posyandu

Disini akan di jelaskan secara khusus tugas kader Posyandu, selain itu pengadaan kegiatan biasanya dilakukan satu bulan penuh.

Tentunya tugas yang pertama adalah setiap kader mampu menyiapkan kebutuhan masyarakat seperti halnya peralatan penimbangan untuk bayi, obat-obatan bisa berupa tablet, kapsul ataupun sirup, alat ukur, kartu sehat dan lain-lain.

Tugas selanjutnya adalah setiap kader posyandu mengajak masyarakat terutama ibu-ibu untuk membawa anaknya dan dilakukan pengecekan kesehatan, untuk ibu hamil disarankan 2 minggu sekali demi kesehatan buah hatinya.

4. Kriteria Posyandu

Selain  kader posyandu yang di wajibkan memiliki kriteria yang telah di tetapkan, dari Posyandu sendiri juga memiliki standar kelayakan. Di Indonesia sudah terhitung ada 300 lebih Posyandu yang sudah tersebar dari sabang sampai merauke.

Posyandu dapat dikatakan memenuhi persayaratan apabila memiliki kader yang telah di seleksi sesuai standar kader kesehatan. Selain kader Posyandu, peralatan juga harus mendukung seperti alat pengukur, timbangan, tempat tidur, kasur, bantal, suntik, dan alat kesehatan lainnya.

Ketika kedua hal tersebut telah sesuai kriteria, maka persyaratan selanjutnya adalah pemberian makanan tambahan (PMT). Yang di maksud PMT ini seperti bubur kacang hijau, puding, telur rebus, agar-agar. Hal ini bertujuan untuk memberikan fasilitas sebaik mungkin.

5. Kegiatan Posyandu Di Desa

Kader  Posyandu tidak hanya dituntut untuk aktif bekerja di Posyandu, melainkan bisa turun langsung ke masyarakat. Dan siap di tempatkan dimana saja bahkan daerah terpencil sekaligus.

Kegiatan kader posyandu di desa itu sendiri memberikan poenyuluhan terkait program keluarga berencana (KB), gizi pada anak, imunisasi, kesehatan ibu dan anak, pencegahan penanggulangan penyakit, bina keluarga balita (BKB), PMT.

Lihatlah video menarik berikut ini :

Kegiatan  dilakukan setiap hari Rabu dan Sabtu, banyak masyarakat yang memanfaatkan pelayanan posyandu ini. Alasannya karena bisa menghemat biaya transportasi, pertumbuhan anaknya terpantau, dan bagi ibu hamil bisa istirahat lega di rumah karena tidak perlu cape-cape untuk datang ke posyandu.

Salam sukses – CV. Cakrawala Persada