Jika sudah menikah impian terbesar adalah memiliki keluarga yang sejahtera, dimana memiliki anak yang akan mewarnai kehidupan sehari-hari. Ada yang bilang banyak anak banyak rezeki, itu tidaklah salah namun tetap harus kembali memperhitungkan segala macam aspek sehingga keluarga tidak terlantar. Untuk itu banyak masyarakat memilih menjalankan kb, sudah tahukah pengertian dari kb itu sendiri? Serta manfaat dan jenis dari program kb, simak ulasan berikut.

Pengertian Dari KB

Pengertian Dari Kb

Untuk menjadi keluarga sejahtera diperlukanlah pemahaman mengenai pengertian dari kb sehingga tidak salah persepsi. Kb sendiri merupakan kepanjangan dari keluarga berencana, dimana itu merupakan program yang dijalankan oleh pemerintah dimana akan berguna untuk menyeimbangkan jumlah penduduk Indonesia dengan kebutuhan hidupnya. sehingga program kb ini akan mampu membuat Indonesia terus bisa dinikmati dan ditinggali oleh anak cucu dimasa depan.

Dengan menjalankan program kb tentunya akan mampu meningkatkan kesejahteraan ekonomi serta keseimbangan produksi kebutuhan hidup. Dimana dengan kb mampu mengatur pertumbuhan penduduk melalui kelahiran, yang dipedomankan dengan pengetahuan mengenai usia matang perkawinan, mengandung dan melahirkan. Setelah semua pemahaman diketahui dengan jelas, maka kata dua anak lebih baik akan terwujud dengan sendirinya.

Manfaat Program KB

Setelah memahami pengertian dari kb dan ingin menjalankan programnya tidaklah perlu takut, karena program kb memiliki banyak manfaat baik untuk diri sendiri, keluarga dan juga negara Indonesia. Berikut manfaat program kb yang wajib diketahui:

1. Kehamilan Yang Tidak Diharapkan Tidak Akan Ada

Salah jika program kb hanya perlu dipahami oleh pasangan yang telah menikah. Saat ini anak-anak muda yang berada pada usia 15 hingga 17 tahun yang sedang menempuh pendidikan sangatlah membutuhkan pengetahuan mengenai program kb. Seperti yang sedang marak terjadi saat ini, yaitu kehamilan yang tidak diharapkan karena kecerobohan akibat pergaulan bebas. Bisa juga jumlah anak yang terlalu banyak serta pada rentan waktu yang dekat.

2. Menghindari Kematian Ibu Dan Bayi

Selain kehamilan yang tidak diharapkan saat ini juga marak kasus kematian ibu dan bayi saat proses melahirkan. Semua hal itu terjadi karena kurangnya pemahaman ibu saat sedang mengandung. Selain pengertian dari kb, program kb juga akan memberikan pedoman masa mengandung dan melahirkan.

3. Pendidikan Anak Akan Terjamin Baik

Saat ini seringlah dijumpai anak yang putus sekolah dan memilih bekerja, semua karena faktor ekonomi sehingga mengharuskan anak membantu menjadi tulang punggung keluarga. Untuk itu dengan menjalankan program kb akan dijelaskan mengenai jumlah anak yang baik sesuai dengan ekonomi keluarga, sehingga setiap anak pendidikannya akan terjamin dengan baik.

4. Menghasilkan Keluarga Berkualitas

Jika pendidikan anak terjamin dengan baik tentunya mudah untuk menghasilkan keluarga yang berkualitas. Dimana keluarga akan sejahtera serta mampu berkembang dengan maksimal dimasa depan. Tentunya semua itu karena memikirkan dengan matang mengenai jumlah anak dan ekonomi keluarga yang tentu dijelaskan dalam program kb.

Jenis Dari Program Kb

Dalam program kb ada dua jenis kontrasepsi yang digunakan untuk membantu program mencegah kehamilan. Pengertian dari kb merupakan dasar yang harus dipahami sebelum membahas mengenai jenis program yang ada pada kb. Ada dua jenis program kb, yaitu kontrasepsi Tanpa Alat. Jenis yang pertama ini tidak menggunakan alat atau biasa disebut program kb alami yang bisa diatur dengan melakukan hubungan seksual pada saat masa tidak subur.

Sedangkan yang kedua kontrasepsi dengan alat bisa dilakukan dengan membeli kondom ataupun dengan datang ke dokter dan mengatur program kb. Dokter biasanya akan memberikan dua pilihan, yaitu dengan diafragma yang dimasukkan ke vagina ataupun dengan meminum pil kb yang semuanya mampu mencegah kehamilan.

Lihatlah video menarik berikut ini :

Itulah pengertian dari kb beserta manfaat dan jenisnya. Dengan memahami dengan baik mengenai program kb tentunya akan mampu menciptakan keluarga sejahtera dan terencana yang akan baik untuk kedepannya.

Salam sukses – CV. Cakrawala Persada