Perhitungan bunga deposito boleh dilakukan oleh kalangan manapun. Hal tersebut menjadi pertimbangan untuk membuat keputusan seberapa besar deposito yang ingin diserahkan. Mari simak konsep perhitungan bunga deposito dari nol di bawah ini.

Perhitungan Bunga Deposito

1. Memahami Definisi Deposito

Deposito merupakan pilihan ideal bagi masyarakat yang sudah berkeluarga. Deposito adalah bentuk simpanan yang dilakukan di bank. Sebelum jauh mengenal perhitungan bunga deposito, pemahaman deposito perlu kita ketahui. Hal tersebut diharapkan agar kita tidak asal memilih deposito yang ditawarkan di berbagai bank yang ada.

Deposito berbeda dengan tabungan bank. Deposito hanya bisa diambil dalam waktu yang telah disepakati sejak awal penawarannya. Jika ingin menarik lebih cepat dari ketentuan, maka ada denda yang harus dibayar. Dalam arti lain, deposito yang bertujuan menambah keuntungan, malah berujung membawa kerugian.

2. Mengetahui Kelebihan Deposito

Deposito memiliki kelebihan yang membuat unik dan mampu bersaing dengan pilihan investasi lainnya. Syarat pendaftarannya terbilang mudah. Hanya dengan mengisi identitas diri, deposito bisa berada di tangan kita. Jika deposito sudah dimiliki, maka untuk selanjutnya, deposito bisa digunakan untuk jaminan kredit.

Di dalam deposito, jarang ditemukan administrasi bulanan yang akan dikenakan kepada nasabah. Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) siap menjamin keamanan investasi di deposito. Ditambah lagi, meskipun bunga yang ditetapkan terbilang besar, namun sifatnya tetap dalam kurun waktu yang telah ditentukan.

3. Mengingat Rumus Pentingnya

Perlu diingat rumus pokoknya adalah nominal deposito (S) yang dikalikan dengan bunga per tahun (i). Bunga yang telah ditentukan tergantung dari jumlah hari jatuh tempo yang telah disepakati. Hasil tersebut kemudian dikalikan dengan hasil pembagian dari jumlah hari jatuh tempo (T) dan jumlah hari per tahun (365).

Jumlah hari jatuh tempo yang dimaksud disini adalah waktu kesepakatan penarikan nominal atau saldo deposito. Istilah lainnya adalah tenor. Saat penarikan terdapat biaya pajak yang harus ditanggung nasabah. Hasil dari perhitungan bunga deposito dikurangi dengan biaya pajak, maka selanjutnya akan terlihat pendapatan bersih yang akan kita dapat.

4. Mencatat Informasi Deposito Yang Diminati

Dapat disimpulkan bahwa perhitungan bunga deposito rumusnya adalah (Sxi) : (T/365). Pendapatan bersih dapat dilihat dari hasil perhitungan bunga deposito dikurangi hasil perhitungan yang ada dikalikan dengan presentase pajak. Presentase pajak telah ditentukan dalam aturan-aturan yang terkait. Ada skala nominal yang mempengaruhi besarnya presentase.

Oleh karena itu, ada baiknya untuk mencatat informasi deposito yang diberikan oleh pegawai bank. Informasi sekecil apapun penting untuk diketahui lalu dibuat dalam bentuk ringkasan. Tanyakan jika ada yang mengganggu pikiran. Dalam arti lain, ada hal yang membingungkan. Minta selembaran informasi sebagai penguat informasi deposito yang diminati.

5. Mengakumulasikan Data Dan Melihat Resiko

Setelah mendapatkan informasi yang cukup, data berkaitan dengan rumus perhitungan bunga deposito dapat mulai diakumulasikan. Gunakan alat hitung seperti kalkulator pada handphone untuk meminimalisir kesalahan hasil. Dalam hitungan menit saja, hasil perhitungan bunga deposito bisa terlihat. Tepat atau tidaknya investasi dalam bentuk deposito bisa diputuskan saat itu juga.

Perlu digaris bawahi bahwa tentunya dalam investasi di deposito sekalipun memiliki resiko. Resiko yang dimaksud salah satunya adalah kehilangan atau kebocoran dana. Namun, jangan khawatir resiko yang ada di deposito masih terbilang rendah.

Lihatlah video menarik berikut ini :

Di luar pakar ekonomi, tetap perlu melakukan perhitungan bunga dari deposito yang telah ditanamkan di bank. Pemahaman mengenai resiko juga diperlukan. Sampai saat ini, deposito menjadi salah satu bentuk investasi yang tetap diminati masyarakat. Meskipun bunga tergantung dari kebijakan Bank Indonesia, masyarakat tetap yakin investasi yang dilakukannya tidak membuat rugi.

Salam sukses – CV. Cakrawala Persada