Menjadi salah satu yang harus bertanggungjawab melalui Menteri Kesehatan, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) memiliki program yang berkelanjutan setiap tahunnya. Mari simak bersama pencapaian program BKKBN terbaru menurut  arah kebijakan dan strategi BKKBN yang telah ditetapkan di bawah ini.

Program BKKBN Terbaru

1. Akses Dan Pelayanan Keluarga Berencana (KB)  Di Sistem Jaminan Kesehatan Nasional

Adanya peningkatan akses dan pelayanan yang merata dan berkualitas setiap tahunnya, membuat kualitas alat dan obat kontrasepsi dapat meningkatkan kemandirian. Jika terjadi suatu masalah, advokasi yang dilakukan berjalan dengan lancar. Tenaga medis dan lapangan tersedia di kawasan yang terpencil sekalipun. Lembaga masyarakat juga dibangun untuk meningkatkan pencapaian poin ini.

2. Pemikiran Remaja Mengenai Kesehatan Reproduksi Dan Persiapan Kehidupan Berkeluarga

Dengan melibatkan orang tua, teman seumuran, dan sekolah, remaja diharapkan dapat membentuk paradigma pemikiran yang baik tentang kesehatan reproduksi. Hal tersebut akan memberikan efek di kehidupan berkeluarga yang mereka miliki nantinya. Pencapaian program BKKBN terbaru dari poin ini dapat dilihat secara nyata dengan banyak kegiatan positif yang dilakukan remaja.

3. Advokasi dan KIE Tentang KB dan Kesehatan Reproduksi

Dalam pencapaian ini, diharapkan setiap sektor, baik pusat maupun daerah terlibat untuk membangun sinergi. Nantinya hal tersebut akan mendukung sistem jaminan sosial nasional kesehatan yang efektif dan efisien. Pencapaian ini telah berusaha melibatkan tenaga bidan salah satunya. Tentunya dengan memperhatikan sasaran di setiap sektor yang berbeda.

4. Peran Dan Fungsi Keluarga Dalam Pengasuhan Anak Dan Perawatan Lanjut Usia

Sikap yang kadang acuh tak acuh terhadap anak dan lanjut usia menyerang sebagian orang. Oleh karena itu, saat ini sedang dikembangkan ikatan mitra operasional di tingkat daerah. Sejauh ini, Satuan Kerja Pemerintahan Daerah (SKPD) berusaha melakukan pengawasan yang rutin. Selain itu, kapasitas sumber daya manusia dalam BKKBN berusaha ditingkatkan.

5. Landasan Hukum Dan Kebijakan Kependudukan Dan Keluarga Berencana

Menyerasikan atau membuat pemikiran menjadi satu tujuan adalah harapan dari kebijakan dan strategi satu ini. Dengan adanya peninjauan kembali yang dilakukan pihak BKKBN dan pemerintah diharapkan koordinasi lintas sektor berjalan baik. Perumusannya disinergikan dengan kualitas, kuantitas, dan mobilitas yang ada. Aspek yang dibahas mencakup advokasi, sosialisasi, dan tentunya fasilitas.

6. Kapasitas Kelembagaan Kependudukan Dan Keluarga Berencana Di Pusat Dan Daerah

Saat ini sudah banyak kelembagaan yang menyebar di setiap daerah. Mereka berusaha untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya keluarga dalam pembangunan kehidupan berbangsa dan bernegara. Literasi mengenai kependudukan juga disebarkan melalui tangan-tangan kader yang telah terpilih. Penataannya yang baik hingga saat ini tetap dilakukan evaluasi sebagai ukuran efektif atau tidaknya program.

7. Ketersediaan Dan Kualitas Data Dan Informasi Kependudukan

Saat ini, sudah tersedia teknologi yang canggih untuk mendukung pencapaian ini. Statistika kependudukan dapat dilihat setiap waktu. Dengan kemudahan aksesbilitas dan pemanfaatan informasi data, diharapkan kerjasama lintas sektor juga semakin menguat. Data dan informasi biasa didapat dari hasil sensus penduduk dan survey yang dilakukan petugas terkait.

8. Penelitian Dan Pengembangan Bidang Kependudukan Keluarga Berencana

Poin terakhir ini sudah tercapai dan menguat setiap tahunnya. Kerjasama dengan pihak instansi pendidikan membuat pencapaian ini bisa berjalan dengan mudah. Pelatihan-pelatihan juga dilakukan sebagai objek untuk penelitian dan pengembangan. Nantinya, hasil penelitian dan pengembangan bisa dibuktikan secara luas kepada seluruh elemen masyarakat. Untuk selanjutnya, diharapkan terjadi kerjasama internasional.

Lihatlah video menarik berikut ini :

Program BKKBN sudah dibentuk sejak adanya pemerintahan terbaru yang terbentuk tahun 2015 dengan periode perencanaannya hingga tahun 2019. Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) adalah salah satu program BKKBN.  Pencapaian program BKKBN terbaru didukung karena adanya kerjasama dan dukungan yang baik di semua elemen masyarakat.

Salam sukses – CV. Cakrawala Persada