Kenyamanan yang didapatkan pada tempat tidur pasien akan berpengaruh lama cepatnya pasien sembuh. Tempat tidur yang digunakan oleh pasien pun tidak sembarangan dibuat, tempat tersebut memiliki fungsinya masing masing. Dan biasanya jenis jenis tempat tidur ini dijumpai dirumah sakit yang sesuai dengan manfaatnya. Mulai dari tempat tidur untuk kelas satu sampai kelas tiga akan dirangkum dibawah ini.

Tempat Tidur Pasien

Jenis-jenis Tempat Tidur Pasien Yang Biasa Ada Di Rumah Sakit

1. Tempat Tidur Pasien Elektrik

Ranjang rumah sakit ini didesain dengan sangat elegan dan yang pasti nyaman untuk digunakan. Tempat tidur jenis elektrik ini sering ditemukan di ruangan VIP. Jenis ini juga sangat mudah penggunaannya, jadi pasien akan merasa nyaman.

Caranya adalah hanya dengan menekan tombol yang ada di remote control, dan biasanya terletak pada bagian kiri tempat tidur. Dan tempat tidur ini memiliki rem pada bagian rodanya, sehingga pasien ataupun perawat tidak takut lagi jika brangkar bergerak.

Fasilitas lainnya adalah biasanya kasur yang digunakan lebih tebal dan empuk. Dan jenis tempat tidur ini akan memudahkan pasien untuk mengatur sandaran kepala, kaki, punggung, dll. Dan untuk ukurannya pun jenis ranjang ini lebih besar daripada ranjang yang lainnya.

2. Ranjang Pasien Manual

Tempat tidur manual ini biasanya ditemukan di ruang kamar kelas tiga yang berisikan pasien lebih dari satu orang. Cara penggunaannya pun masih harus diputar searah jarum jam agar dapat mengatur posisi yang diinginkan. Pada type ini pasien bisa mengatur posisi pada kepala, punggung, dan kaki.

Sebenarnya tipe ranjang ini sama dengan tipe tiga engkol, karena sama sama memiliki tiga fungsi. Ranjang ini pun berukuran tidak terlalu lebar, dengan ketebalan kasur yang tidak setebal ranjang elektrik.

3. Satu Engkol Atau Crank

Tempat tidur pasien type ini fungsinya berada di bagian kepala saja. Jenis ini memang hanya memiliki satu manfaat saja, yaitu menaikkan tempat tidur bagian kepala sehingga pasien merasa nyaman. Penggunaan tempat tidur ini pun masih manual dan harus orang lain yang melakukannya seperti perawat atau kerabat. Tempat tidur ini pun biasanya ditemukan di ruang pasien kelas tiga.

4. Dua Engkol Atau Crank

Jika satu engkol hanya memiliki satu manfaat saja. Begitu pula dengan jenis Tempat tidur untuk pasien ini. Yang hanya memiliki satu manfaat saja yaitu dibagian kaki saja. Dan kaki dari pasien pun bisa dinaikkan sehingga akan terlihat seperti menekuk keatas.

Caranya pun masih sama dengan yang satu engkol yaitu masih dengan manual. Jadi untuk memutarnya sehingga mendapatkan posisi yang diinginkan masih membutuhkan perawat atau keluarga. Tempat tidur jenis ini biasanya terdapat di ruang kamar kelas tiga.

5. Tiga Engkol Atau Crank

Jenis ranjang dengan tiga engkol ini adalah gabungan dari jenis satu engkol dan jenis dua engkol. Sehingga tempat tidur pasien dapat diatur pada bagian kepala, punggung dan kaki.

Dan jenis ini bisa untuk menurunkan tempat tidur, jika pasien merasa tempat tidur yang ditempati ketinggian. Cara menggunakannya pun masih secara manual yang harus diputar searah jarum jam. Tempat tidur pasien diatas menggunakan desain yang dapat memberikan rasa aman dan nyaman saat digunakan. Selain itu juga dapat memudahkan bagi pasien maupun perawat untuk melakukan pemeriksaan secara medis.

Lihatlah video menarik berikut ini :

Jenis tempat tidur untuk pasien pun menyesuaikan dengan kelas ruang rawat, dan ukuran ruangan. Banyak faktor untuk menilai rumah sakit tersebut bagus atau tidak, salah satunya melihat tempat tidurnya.

HUBUNGI KAMI :

CAKRAWALA PERSADA PERCETAKAN, PRODUSEN & DISTRIBUTOR DAK BKKBN

Alamat : Jl. Cilemahabang Blok Q-3 No. 65 Cikarang Baru – Jababeka Bekasi
Contact : 0852 1380 0036 & 0818 0722 9366
Email : cakrawalapersada76@gmail.com

Salam sukses – CV. Cakrawala Persada