Tujuan dari BKR atau Bina Keluarga Remaja sudah terbentuk bersama dengan adanya konsep keluarga berencana. BKR menjadi salah satu garda depan dalam pembangunan nasional sejak lama dan menjadi target pencapaian setiap tahunnya. Oleh karena itu, simak ulasan di bawah ini yang membahas tujuan BKR itu sendiri dengan lebih rinci lagi.

Tujuan Dari BKR

1. Mewujudkan Tanggungjawab Dan Kepedulian Orang Tua

Tujuan dari BKR ditekankan pada poin ini. Orang tua sudah seharusnya menjadi pelindung utama untuk anak-anaknya. Apalagi jika memiliki anak pada usia remaja. Tanggungjawab dan kepedulian orang tua ada baiknya untuk diwujudkan dengan memberikan tindakan nyata. Meskipun boleh saja disimpan, namun seorang anak perlu melihat wujud mengenai hal tersebut.

Tanggungjawab dan kepedulian tidak hanya sebatas uang, namun waktu yang disisihkan untuk bersama dengan para anak yang dimiliki juga berharga. Di luar sana, sesekali masih kita dengar pemberitaan yang buruk tentang pengasuhan anak. Untuk itu, dengan adanya program BKR diharapkan berita semacam itu bisa berkurang.

2. Membentuk Nilai Moral Pada Usia Remaja

Usia remaja memang usia dengan banyak resiko. Apalagi di era saat ini yang mana informasi dengan bantuan teknologi bisa menyebar secara mudah. Remaja perlu dibentuk nilai moral yang tinggi terutama soal spiritualitas. Ada baiknya nilai moral yang dimiliki antar aspek satu dengan yang lain dijalankan secara seimbang.

Pembentukan nilai moral remaja merupakan tujuan BKR juga karena memang remaja adalah sasaran utama. Dengan dibentuk nilai moral, diharapkan perilaku baik dapat terpancar. Norma-norma yang telah diberlakukan di masyarakat dapat berjalan dengan baik. Pembentukan nilai moral ini dijalankan sesuai adanya fungsi dari keluarga sendiri.

3. Menginformasikan Tumbuh Kembang Pada Remaja

Tumbuh kembang pada remaja perlu diinformasikan dengan jelas dan terperinci. Meskipun dalam kegiatan sekolah sudah terdapat materi mengenai hal ini, namun di luar itu masih banyak yang perlu diketahui. Dengan adanya informasi tumbuh kembang, diharapkan yang memerhatikan tumbuh kembang remaja tidak hanya dari remajanya saja.

Tumbuh kembang pada remaja perlu diawasi oleh para orang tua karena hal tersebut menjadi hak dan kewajiban mereka. Mereka berhak dan wajib untuk mengetahui kendala apa yang terjadi, bagaimana mengatasinya, dan meningkatkan potensi ke arah yang lebih baik. Setiap tumbuh kembang yang terjadi menjadi momen penting dalam hidup remaja.

4. Memberikan Pengetahuan Tentang Kesehatan Reproduksi

Kesehatan reproduksi bukan menjadi hal tabu untuk dibicarakan. Hal tersebut malah hal penting mengingat kondisi yang ada di era saat ini. Dengan diberikannya pengetahuan sekecil apapun, maka terutama remaja bisa sadar pentingnya akan hal tersebut. Orang tua di dalam program BKR ini diharapkan dapat menjadi informan pertama bagi anak-anak mereka.

Kesehatan reproduksi tentunya antara laki dan perempuan berbeda. Untuk itu, dalam mewujudkan tujuan satu ini, program BKR dibuat terstruktur agar tidak terjadi salah pemahaman. Dalam arti lain, materi dalam program BKR telah tersusun secara rapi.

5. Meningkatkan Komunikasi Efektif Antara Orang Tua Dan Anak

Tujuan BKR sebenarnya dijelaskan dalam satu kalimat saja, namun memang dalam ulasan ini kita bahas lebih rinci. Akhir dari kalimat tujuan BKR adalah mengenai komunikasi efektif antara orang tua dan anak. Poin ini penting untuk digaris bawahi untuk anak maupun orang tua agar tidak tercipta suasana rumah yang buruk.

Komunikasi yang efektif adalah komunikasi yang bisa dipahami pihak yang bersangkutan. Intensitas waktu komunikasi yang tinggi dan seringnya kontak mata diharapkan terjadi dengan adanya tujuan ini. Anak dan orang tua sudah seharusnya memiliki jalinan komunikasi yang efektif, jika tidak malah menjadi PR besar dalam program BKR.

Lihatlah video menarik berikut ini :

Kader di setiap wilayah menjadi penggerak utama dalam berjalannya program BKR ini. Namun, seluruh elemen masyarakat tetap turut andil dalam terlaksananya tujuan dari BKR di atas. Terdapat kelompok BKR yang sudah tersebar dan melakukan kegiatan yang berjalan aktif bersama warga.  Diharapkan penyebaran program BKR memberikan dampak positif secara nyata.

Salam sukses – CV. Cakrawala Persada