Tujuan sosialisasi adalah sebagai pembentuk pribadi seseorang supaya sepadan dengan norma yang umum di masyarakat. Bagaimana maksudnya? Individu sadar terhadap status sosialnya sehingga bisa menjalankan fungsinya sebagai makhluk sosial. Serta bisa dianggap bisa menjalani hidup bermasyarakat. Pada umumnya sosialisasi adalah proses interaksi yang selama hidup akan terus berjalan.

Tujuan Sosialisasi Adalah

Tujuan Sosialisasi Yang Bisa Diketahui

Setelah ditelaah, pada khususnya ada lima tujuan sosialisasi yang diuraikan. Tujuan sosialisasi adalah selalu diidentikkan dengan manfaat atau fungsi. Pada intinya disini manfaat sosialisasi dimaksudkan untuk menciptakan tatanan sosial supaya stabil. Nah, stabilnya sosial tersebutlah yang kemudian akan menjadi tolok ukur keberhasilannya. Di bawah ini uraian tujuan sosial:

1. Menyadarkan Individu Tentang Hak dan Kewajibannya

Menyadarkan hak serta kewajiban seseorang merupakan sesuatu yang harus dilakukan. Jika tidak bisa dilakukan secara langsung, opsi lain yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan sosialisasi. Mengapa demikian? Karena memang kesadaran hak dan kewajiban itu sangat berkaitan dengan kepahamannya terhadap status sosialnya di masyarakat.

Nah kesadaran tersebutlah yang bisa menjadi pegangan untuk memainkan peran sosial. Individu sangat memungkinkan untuk disadarkan dengan sosialisasi mengenai tugas-tugas penting menurut statusnya di dalam masyarakat.

2. Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial

Salah satu kebutuhan khusus dan mendasar manusia sebagai makhluk sosial adalah interaksi. Setiap individu selalu diberikan kemampuan untuk berinteraksi, baik melalui pengalam ataupun dalam proses belajar. Nah dari kedua proses tersebut memang sama-sama bentuk dari sosialisasi yang bisa dilakukan oleh semua orang.

Begitu pentingnya, hingga apabila interaksi tidak dilakukan tentu saja membuat seseorang mengisolasikan dirinya sendiri. Merasa hidup sendiri, dan kalaupun mati tak akan ada yang tau. Hal tersebut tentu saja sangat menyeramkan, bukan?

3. Memberikan Pengetahuan Untuk Hidup Bermasyarakat

Selanjutnya tujuan sosialisasi adalah untuk memberikan bekal kepada individu tentang cara yang benar hidup di masyarakat. Proses pemberian pengetahuan ini dapat diselipkan edukasi tentang kesadaran norma dan nilai yang ada di sekitarnya. Setiap individu memang mempunyai status sosial tertentu, sehingga fungsinya di masyarakat pun berbeda-beda.

Dengan mengetahui porsinya di masyarakat, tentu saja akan lebih mudah seseorang melakukan tugasnya. Sehingga tak ada norma dan nilai yang sudah berlaku dilanggar. Hidup bermasyarakat pun akan lebih tenang dan damai.

4. Sebagai Proses Introspeksi Diri

Kesadaran setiap individu terhadap dirinya, posisinya, dan kondisi masyarakatnya memang sangat berkaitan dengan kemampuan introspeksi diri seseorang. Terkadang tanpa sadar, individu melakukan sesuatu yang melanggar dan mengganggu kehidupan bermasyarakat.

Nah ketika individu tersebut bertindak yang menyeleweng serta melanggar norma, tentu saja kemampuan introspeksi sangat dibutuhkan. Karena dengan begitu akan dengan mudah mengarah ke jalan yang kembali benar. Dan diharapkan tidak melakukan hal-hal yang tidak benar lagi.

5. Memberikan Keterampilan Untuk Individu

Pendidikan dan pengalaman merupakan suatu opsi yang diberikan supaya individu memiliki satu ketrampilan. Ketrampilan sangat dibutuhkan oleh seseorang supaya bisa tetap bertahan hidup di masyarakat. Sudah dengan mudah ditebak, bahwa seseorang tanpa ketrampilan tentu saja akan sangat kesusahan mendapat pekerjaan.

Karena tidak ada pekerjaan yang didapatkan, seseorang akan menghalalkan segala cara. Baik yang melanggar norma maupun nilai di masyarakat pun akan tetap dilakukan dan diterobos. Hal tersebut sangatlah buruk pengaruhnya terhadap orang-orang di lingkungannya.

Lihatlah video menarik berikut ini :

Pada dasarnya, semua tujuan sosialisasi adalah untuk membuat sistem sosial serta stabilitas sosial tetap terjaga di masyarakat. Semuanya akan terjaga apabila norma dan nilai tidak terseleweng. Dengan adanya sosialisasi diharapkan mampu membawa generasi selanjutnya memiliki sifat yang tetap pada norma serta nilai yang berlaku.

Salam sukses – CV. Cakrawala Persada